Rabu, 09 Agustus 2023

Daftar 5 Jalur Pembelajaran dan Karir Cybersecurity Teratas Bagi Pemula #1

 

Daftar 5 Jalur Pembelajaran dan Karir Cybersecurity Teratas Bagi Pemula #1


Profesional Bagi Pemula #1 keamanan dunia maya berfungsi sebagai perisai di era digital  mengamankan informasi rahasia, hak milik, dan pribadi dari mereka yang ingin mencuri atau merusaknya. Para profesional ini bermain menyerang dan bertahan, membangun tempat aman untuk menyimpan data, dan menggagalkan peretas dengan berpikir dan bertindak seperti mereka.


Siap memasuki bidang yang menarik ini? Mari kita mulai dengan melihat lebih dekat lima karier keamanan siber terkemuka. Kita juga akan melihat beberapa jalur pembelajaran keamanan siber, termasuk program kamp pelatihan seperti Kamp Pelatihan Keamanan Siber Berkeley, tempat Anda dapat memperoleh keterampilan industri yang berharga.


  • Baca terus untuk ikhtisar daftar karir cybersecurity berikut:


  • tidak dicentang

    Analis Keamanan Informasi

  • tidak dicentang

    Manajer Proyek Teknologi Informasi Cybersecurity

  • tidak dicentang

    Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

  • tidak dicentang

    Arsitek Keamanan Siber

  • tidak dicentang

    Pengembang keamanan siber

1. Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi melindungi seluruh data perusahaan  mulai dari informasi yang disimpan di jaringan, hingga buku besar tercetak dan hard copy yang disimpan di tempat lain. Analis (termasuk mereka yang berada di sektor keamanan siber) diproyeksikan melihat tingkat pertumbuhan lapangan kerja sebesar 31 persen hingga tahun 2029.


  • Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan

Analis keamanan informasi memantau jaringan perusahaan mereka untuk pelanggaran dan serangan, menginstal dan memelihara perangkat lunak keamanan, membantu mengembangkan rencana pemulihan bencana, dan terus memperbarui prosedur dan perangkat lunak keamanan kepada karyawan. Posisi ini juga membutuhkan keahlian dalam menyelidiki serangan dan melaporkan hasilnya. Dalam keamanan dunia maya, tugas semacam itu sangat penting untuk menjaga keamanan jaringan digital organisasi, dengan analis bekerja untuk mengurangi serangan dunia maya sambil menjaga agar infrastruktur tetap mutakhir jika diperlukan.


  • Keterampilan Utama Untuk Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi harus menjalankan kepatuhan protokol yang tegas dan ketenangan dalam menghadapi potensi krisis. Mereka harus menjadi pemikir maju, penyelenggara preemptive dan komunikator yang jelas. Selain itu, analis dapat melengkapi keterampilan ini dengan sertifikasi di bidangnya. Sertifikat Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat (CISSP) , misalnya, umumnya direkomendasikan untuk analis keamanan. Analis yang bercita-cita tinggi juga harus berusaha untuk mendapatkan pengalaman sebelumnya dalam keterampilan TI atau administrasi jaringan yang luas.


  • Grafik Yang Menampilkan Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan Analis Keamanan Informasi Hingga Tahun 2029 Pemula #1.


Siap mempelajari keterampilan keamanan siber yang dibutuhkan? Berkeley Cybersecurity Boot Camp menawarkan kurikulum komprehensif yang mencakup semua konsep dasar yang diperlukan untuk mendalami bidang ini.


  • tidak dicentang

    DAPATKAN INFO PROGRAM

  • tidak dicentang

    Pilih Program

  • tidak dicentang

    BERIKUTNYA

  • tidak dicentang

    0%


2. Manajer Proyek Teknologi Informasi Cybersecurity Pemula #1

Manajer proyek teknologi informasi (termasuk mereka yang mengawasi inisiatif keamanan siber) bertanggung jawab untuk merencanakan dan memimpin proyek berbasis TI, mengelola tim proyek, dan bertindak sebagai penghubung antara aspek proyek yang berorientasi bisnis dan teknologi.


Dalam keamanan dunia maya, manajemen proyek teknologi informasi biasanya dianggap sebagai karir tingkat tinggi dan sering dihuni oleh para profesional yang memulai sebagai analis keamanan informasi atau administrator jaringan. CareerOneStop memproyeksikan pertumbuhan lapangan kerja sebesar 6 persen untuk bidang ini pada tahun 2029, dengan peluang kerja diharapkan tumbuh lebih cepat dari rata-rata.


  • Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Pemula #1

Manajer proyek TI Cybersecurity membantu mengawasi profil keamanan perusahaan, peran yang mencakup menetapkan kebijakan dan prosedur keamanan serta mengelola tim yang mengimplementasikannya. Manajemen, dalam pengertian ini, mungkin memerlukan penyeimbangan berbagai proyek berbasis keamanan yang umumnya ditujukan untuk memperkuat infrastruktur jaringan yang ada, menjaga dari potensi pelanggaran dan memperbaiki kelemahan yang menonjol  sambil menjaga agar tim proyek mengetahui praktik terbaik keamanan TI dan memastikan mereka sedang diikuti. Manajer mungkin juga diminta untuk mempekerjakan dan melatih staf dan menetapkan anggaran.


  • Keterampilan Kunci Untuk Manajer TI Cybersecurity

Manajer proyek TI Cybersecurity secara konsisten diharapkan memiliki perhatian yang kuat terhadap detail, pemikiran berorientasi solusi, dan keterampilan pemecahan masalah tingkat tinggi. Ciri-ciri ini membantu para manajer untuk tetap memperhatikan semua aspek jaringan dan mendorong mereka untuk bertindak cepat dan komprehensif pada saat krisis atau kemunduran. Pada gilirannya, ini menjadi contoh praktis bagi tim proyek, yang harus mencerminkan kewaspadaan tersebut untuk memastikan keberhasilan dan kohesi internal.


Terlebih lagi, manajer proyek TI cybersecurity harus mahir dalam semua aspek keamanan komputer  mulai dari desain sistem, hingga pengujian, hingga respons insiden — dan harus memiliki pengalaman beberapa tahun di bidang ini untuk maju. Penting juga bagi manajer untuk membawa keinginan terus menerus untuk belajar, karena mereka harus tetap mendapat informasi tentang ancaman yang muncul dan tren keamanan dunia maya lainnya yang relevan. 


3. Administrator Jaringan dan Sistem Komputer Pemula #1

Administrator jaringan dan sistem komputer memastikan sistem komputer perusahaan berjalan lancar, tersedia secara konsisten, dan tetap bebas dari masalah keamanan. Ini adalah salah satu karir cybersecurity yang lebih luas, tetapi seringkali membutuhkan pengetahuan sebelumnya tentang keamanan dan forensik digital. Di AS, industri administrasi jaringan dan sistem komputer (termasuk pekerjaan yang berakar pada keamanan siber) diproyeksikan akan melihat tingkat pertumbuhan lapangan kerja sebesar 4 persen pada tahun 2029, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS).


  • Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan

Secara umum, administrator jaringan dan sistem komputer menangani banyak hal untuk memenuhi kebutuhan teknologi perusahaan. Mereka mengonfigurasi dan memelihara sistem, server, dan lingkungan cloud sambil menawarkan dukungan operasional untuk memenuhi persyaratan sistem harian. Administrator juga bekerja untuk memecahkan masalah dan memutakhirkan sistem  terutama yang sudah usang. Dari perspektif keamanan siber, masing-masing tugas ini sangat penting dalam menjaga agar infrastruktur keamanan tetap mutakhir, sejalan dengan protokol keamanan dan sesuai dengan manajemen risiko dan protokol pemulihan data.


  • Keterampilan Utama Untuk Administrator Jaringan Dan Sistem Komputer Bagi Pemula #1

Karena administrasi jaringan dan sistem komputer adalah peran multifaset, mereka yang memasuki lapangan harus menjadi ahli multitasker, organisator, dan pemikir kritis. Mereka harus siap untuk bekerja dengan sistem tertentu, seperti Windows atau Linux, atau di lingkungan berbasis cloud. Selanjutnya, mereka harus terbiasa dengan prosedur keamanan, pemecahan masalah dan protokol pemulihan. Calon administrator mungkin juga ingin mengejar sertifikasi di bidangnya — seperti sertifikasi CompTIA A+, yang memvalidasi keterampilan tingkat awal di bidang TI.


4. Arsitek Web Keamanan Siber Pemula #1

Arsitek web mengawasi desain dasar dan implementasi jaringan digital, termasuk sistem keamanan siber. Hal ini membuat mereka berperan penting dalam mengoptimalkan dan menjaga integritas digital organisasi. Saat ini, arsitektur web (termasuk arsitektur keamanan siber) merupakan bidang yang banyak diminati, dengan tingkat pertumbuhan pekerjaan yang diproyeksikan sebesar 5 persen pada tahun 2029 , menurut BLS.


  • Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Bagi Pemula #1

Arsitek web keamanan siber biasanya berperan di setiap tingkat keamanan digital organisasi  mulai dari desain dan implementasi sistem, hingga pemeliharaan dan pengawasan. Arsitek memimpin dalam membangun sistem keamanan dan mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk memelihara jaringan komputer yang aman dengan benar. Mereka juga berpartisipasi dalam proses manajemen dan penganggaran, memimpin tim keamanan dan merupakan bagian integral dalam pengembangan strategi penilaian risiko perusahaan.


  • Keterampilan Utama Untuk Arsitek Web Cybersecurity Langkah - Langkah Bagi Pemula #1

Arsitek web menghabiskan banyak waktu mereka merancang, merencanakan, dan melaporkan ide-ide terkait TI, membuat pandangan ke depan dan pemikiran kritis harus dimiliki, keterampilan prasyarat untuk peran tersebut. Dalam pengertian keamanan dunia maya, kandidat yang sukses seringkali memiliki pengalaman sebagai administrator jaringan atau teknologi informasi. Persyaratan pekerjaan mungkin juga memerlukan pengetahuan luas tentang desain perangkat keras dan perangkat lunak, beberapa bahasa pemrograman, dan keamanan informasi. Untuk industri tertentu, seperti perbankan atau keuangan, pengetahuan regulasi mungkin diperlukan juga.


5. Pengembang Perangkat Lunak Cybersecurity Bagi Pemula #1

Pengembang perangkat lunak bertanggung jawab untuk merancang, memelihara, dan memperbarui program atau aplikasi. Mereka juga menciptakan wawasan penting berdasarkan kebutuhan yang ada, permintaan pengguna, atau kelemahan internal. Kontribusi mereka sangat penting, karena para pengembang ini secara khusus membangun sistem TI yang melindungi informasi entitas digital, termasuk situs web perusahaan yang menampung data karyawan atau klien yang sensitif.


Pengembangan perangkat lunak keamanan siber umumnya merupakan peran yang lebih teknis  peran yang biasanya membutuhkan pengalaman dengan beberapa bahasa pemrograman dan proses otomasi. BLS memproyeksikan tingkat pertumbuhan pekerjaan di atas rata-rata sebesar 22 persen untuk semua pengembang perangkat lunak (termasuk yang ditugaskan untuk pengembangan keamanan siber).


  • Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Sang Pemula #1

Pengembang perangkat lunak keamanan siber membangun sistem yang mencegah serangan. Mereka juga membuat dan menginstal perangkat lunak firewall dan enkripsi sambil melakukan penilaian dan pengujian keamanan untuk kerentanan yang ada. Pengembang pada dasarnya berfungsi sebagai pemimpin teknis dan kontributor ahli dalam inisiatif keamanan siber organisasi mereka.


  • Keterampilan Utama Untuk Pengembang Perangkat Lunak Cybersecurity Bagi Pemula #1

Banyak posisi pengembangan perangkat lunak mencari individu yang mahir dalam Python, bahasa pemrograman yang umum dalam keamanan siber dan pembelajaran mesin. Jika tidak, peran industri cenderung didasarkan pada kemampuan pemecahan masalah yang berkelanjutan, pengetahuan desain yang intuitif, dan pandangan jauh ke depan terhadap kekurangan sistem dan pembaruan potensial.


bagan yang menunjukkan berapa banyak profesional keamanan siber yang dibutuhkan di dunia, termasuk berapa banyak posisi yang saat ini diisi vs. berapa banyak yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan.


  • Jalur Pendidikan Untuk Pekerjaan Cybersecurity Bagi Pemula #1

Setelah Anda memilih jalur karir cybersecurity yang Anda inginkan dan telah menyelaraskan prasyarat yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mencari pendidikan yang diperlukan. Peran keamanan siber biasanya didahului oleh salah satu dari tiga jalur pendidikan yang efektif: kamp pelatihan, gelar sarjana tradisional, atau opsi pembelajaran mandiri.


  • Bootcamp Bagi Pemula #1

Kamp pelatihan keamanan siber menawarkan kesempatan untuk mempelajari dasar-dasar industri dalam lingkungan yang fleksibel, intensif, dan berorientasi dunia nyata. Program online, seperti Berkeley Cybersecurity Boot Camp , memberi peserta serangkaian modul yang mencakup segala hal mulai dari peretasan etis dan pengujian penetrasi, hingga pemrograman keamanan siber — keterampilan yang umumnya berlaku untuk sertifikasi industri termasuk CompTIA Security+ dan Linux+ (antara lain). Bootcamp juga membantu pelajar membuat portofolio profesional, yang merupakan kunci dalam mendemonstrasikan keterampilan kepada calon pemberi kerja, serta mempelajari keterampilan lunak yang diperlukan untuk berhasil di tempat kerja.


  • Gelar Tradisional Pemula #1

Gelar perguruan tinggi tradisional menawarkan kesempatan untuk mempelajari dasar-dasar keamanan siber sebagai bagian dari bidang teknologi yang lebih luas. Misalnya, calon profesional keamanan siber dapat mendaftar di program utama seperti ilmu komputer, teknik, atau manajemen teknologi informasi. Program gelar dapat ditempuh baik secara online maupun melalui kampus bata-dan-mortir, menawarkan bentuk fleksibilitas dan pembelajaran komunal mereka sendiri.


  • Opsi Otodidak Pemula #1

Sebagai alternatif, opsi pembelajaran keamanan siber mandiri dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar secara mandiri. Opsi ini dapat mencakup kursus online gratis, aplikasi pendidikan, atau sumber daya lain yang berakar pada pembelajaran mandiri yang tidak terstruktur. Mereka menawarkan kesempatan untuk mempelajari dasar-dasar industri sambil mengasah keterampilan organisasi dan manajemen waktu.


FAQ

Apakah layak mengejar karir di cybersecurity Pemula #1?


Sangat. Jumlah dan variasi organisasi yang mempekerjakan profesional keamanan siber menjadikan ini sebagai pasar karyawan bagi mereka yang memiliki keterampilan yang tepat. Menurut survei global MicroStrategy baru-baru ini, keamanan menempati peringkat sebagai kebutuhan organisasi paling penting di kalangan profesional analitik.


  • Apakah gelar dalam keamanan siber sepadan?


Sementara pemberi kerja kadang-kadang mencari gelar di bidang-bidang seperti ilmu komputer, jaminan informasi atau pemrograman, perguruan tinggi bukanlah satu-satunya jalur pendidikan yang layak bagi mereka yang mencari karir keamanan dunia maya. Untuk informasi lebih lanjut, inilah primer bagi mereka yang bertanya, "Apakah gelar dalam keamanan siber sepadan?"


  • Bisakah saya memasuki bidang keamanan siber tanpa gelar Pemula #1?


Bergantung pada situasinya, dimungkinkan untuk mendapatkan karir keamanan siber tanpa gelar. Misalnya, mereka yang sudah bekerja dalam peran terkait mungkin dapat mentransfer keahlian mereka ke posisi keamanan siber. Sementara itu, opsi seperti kamp pelatihan keamanan siber dan sertifikasi dapat memberikan pengetahuan dasar untuk mengejar karier di lapangan dengan percaya diri. Secara khusus, posisi level awal tersedia secara konsisten untuk peran seperti spesialis keamanan siber, analis keamanan informasi, dan penguji penetrasi junior.


Namun, kandidat harus menyadari bahwa "tidak diperlukan gelar" tidak juga berarti "tidak diperlukan pengalaman". Kandidat membutuhkan keterampilan yang dihargai pemberi kerja dan sertifikasi adalah salah satu cara untuk membuktikan keterampilan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan ini yang membahas cara masuk ke keamanan siber tanpa gelar


  • Apa keterampilan keamanan siber yang paling dibutuhkan?


Peretas adalah pemecah masalah analitis yang menggunakan kreativitas dan perhatian terhadap detail. Ini adalah keterampilan luas yang diperlukan untuk bekerja dalam keamanan siber, tetapi bidang tersebut juga membutuhkan keterampilan teknis yang terkait dengan sistem operasi (mis. Windows, Linux, macOS) dan kerangka kerja keamanan (mis. Kerberos, Splunk). Berikut adalah pandangan lebih dekat pada keterampilan keamanan siber terbaik untuk dipertimbangkan.


  • Apakah Anda perlu mengetahui pengkodean untuk bekerja dalam keamanan siber Bagi Pemula #1?


Belum tentu. Anda dapat bekerja dalam keamanan siber tanpa menulis banyak (jika ada) kode. Sebaliknya, banyak pekerjaan membutuhkan pengetahuan tentang perangkat lunak dan sistem keamanan, yang berbeda dari pengkodean. Namun, memiliki beberapa pengetahuan pengkodean (terutama dengan Python) adalah nilai jual dan dapat membantu profesional keamanan menulis program untuk mengotomatisasi tugas-tugas penting.


  • Apakah Pekerjaan Keamanan Siber Berisiko Diotomatisasi Bagi Pemula #1?


Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin mengotomatiskan banyak tugas, termasuk yang dilakukan peretas untuk mencari kerentanan jaringan. Namun, sistem otomatis membutuhkan manusia untuk menguji efisiensinya dan memandu pembelajaran mereka di masa mendatang. Lebih penting lagi, profesional keamanan siber sangat penting dalam menganalisis risiko dan membantu bisnis membuat keputusan penting. Akibatnya, pasar kerja keamanan siber akan terus berkembang pesat.


Siap mempelajari lebih lanjut tentang masa depan keamanan siber? Pertimbangkan menjadikan Berkeley Cybersecurity Boot Camp langkah Anda selanjutnya.





πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ’£πŸ’£Langkah-Langkah Bagi PemulaπŸ’£πŸ’£πŸ‘ˆπŸ‘ˆπŸ‘ˆ

0 komentar:

Posting Komentar