Kamis, 10 Agustus 2023

Cara Menjadi Analis Keamanan Cyber Bagi Pemula #1: Persyaratan & Deskripsi Pekerjaan

 

Cara Menjadi Analis Keamanan Cyber Bagi Pemula #1: Persyaratan & Deskripsi Pekerjaan


Analis keamanan dunia maya Bagi Pemula  adalah pelindung digital. Mereka menangkal peretas, menyimpan informasi konsumen, dan sebaliknya memastikan bahwa data rahasia tetap, yah, rahasia. Di dunia yang semakin bergantung pada struktur digital, pekerjaan mereka tidak pernah sepenting ini  atau diminati.


Keamanan dunia maya adalah industri dengan pertumbuhan tinggi yang menawarkan peluang kemajuan yang hampir tak ada habisnya. Ingin tahu bagaimana menjadi analis keamanan dunia maya? Jangan khawatir; kami siap membantu Anda.


Dalam artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang bidang keamanan dunia maya, prospek pekerjaan, dan perannya. Kami juga akan membahas lima langkah yang diperlukan untuk menjadi analis keamanan dunia maya:


  1. Berpelajaran

  2. Dapatkan sertifikasi

  3. Mendapatkan pengalaman

  4. Bangun jaringan profesional Anda

  5. Melamar pekerjaan

  6. Mari kita mulai!


Apa yang Dilakukan Analis Keamanan Cyber? Deskripsi Pekerjaan Esensial

Berikut uraian singkat pekerjaan analis keamanan dunia maya — secara sederhana, analis keamanan dunia maya adalah profesional TI yang berspesialisasi dalam menjaga keamanan dan keamanan informasi rahasia, pribadi, dan hak milik. Mereka dapat menemukan pekerjaan di hampir setiap industri yang dapat Anda pikirkan, mulai dari sektor korporasi dan lembaga pemerintah hingga organisasi nirlaba.


Pada hari biasa, seorang analis keamanan dunia maya dapat mengumpulkan data dan melakukan analisis untuk mengidentifikasi aktivitas digital yang mencurigakan dan potensi ancaman. Namun para profesional ini tidak hanya menangkis ancaman dunia maya dari peretas eksternal ; mereka juga mencari ke dalam untuk menemukan kerentanan yang dapat membahayakan majikan mereka. Setelah analis keamanan dunia maya mengidentifikasi potensi kerentanan dan mencatat temuan mereka, mereka mengembangkan prosedur keamanan untuk mengatasi celah keamanan tersebut dan menjaga keamanan bisnis.


Tidak semua profesional keamanan dunia maya memiliki deskripsi pekerjaan yang persis sama. Namun, ada beberapa tanggung jawab yang umumnya konsisten di semua posisi. Ini termasuk:


Menerapkan dan memelihara perangkat lunak keamanan dan firewall

Melakukan tes penetrasi dan penilaian lainnya untuk mengukur keamanan dan mengidentifikasi potensi kerentanan

Terus pantau jaringan dan sistem komputer untuk potensi ancaman

Laporkan setiap pelanggaran atau peristiwa keamanan lainnya yang terjadi

Mengembangkan, menerapkan, dan menginstruksikan karyawan dalam protokol keamanan dan praktik terbaik

Analis keamanan dunia maya dapat berfungsi sebagai konsultan independen; namun, mereka lebih sering berkontribusi dalam tim.


Analis Keamanan Cyber ​​vs. Analis Keamanan Informasi: Apa Bedanya?

Meskipun kedua gelar tersebut sering digunakan secara bergantian dalam percakapan, analis keamanan dunia maya dan analis keamanan informasi memiliki peran yang berbeda.


Seperti yang tersirat dari judulnya, profesional keamanan dunia maya peduli dengan perlindungan data yang disimpan melalui sarana dunia maya (elektronik). Mereka berspesialisasi dalam mengamankan jaringan, server, dan perangkat digital dari pelanggaran. Spesialis keamanan informasi tidak terlalu ceruk; mereka peduli untuk mengamankan semua data rahasia, bukan hanya bagian yang dihosting secara digital.


Berikut hipotetis cepat untuk mengilustrasikan perbedaannya: katakanlah perusahaan ekuitas swasta menyimpan catatan keuangan sensitifnya di server yang dilindungi dan menyimpan hard copy di brankas di tempat. Analis keamanan dunia maya akan memastikan bahwa server, jaringan, dan komputer perusahaan sepenuhnya terlindungi dari serangan berbahaya  tetapi mereka tidak akan memperhatikan salinan kertas di lemari besi.


Seorang spesialis keamanan informasi, sebaliknya, akan mengunci setiap titik kontak elektronik serta lemari arsip, lemari besi, dan pintu kantor untuk boot. Tugas mereka adalah menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan (CIA) data klien mereka setiap saat, terlepas dari cara penyimpanannya.


Ini bukan untuk mengatakan bahwa tidak ada tumpang tindih antara kedua pekerjaan tersebut; keduanya peduli dengan keamanan dan memahami pentingnya melindungi data yang berharga. Secara teknis, keamanan informasi mencakup keamanan dunia maya. Jika seorang profesional dunia maya ingin belajar bagaimana menjadi seorang analis keamanan informasi, mereka akan berada dalam posisi yang sangat baik untuk meningkatkan keterampilan.


5 Langkah Menjadi Analis Keamanan Cyber Bagi Pemula

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi analis keamanan dunia maya? Jangan khawatir; prosesnya tidak mengintimidasi seperti yang Anda bayangkan. Berikut adalah lima langkah yang harus Anda ikuti untuk memulai karir keamanan dunia maya!


1. Dapatkan Pendidikan

Tidak peduli seberapa cerdas Anda secara teknis, Anda tidak akan dapat membangun karir keamanan dunia maya jika Anda tidak memiliki setidaknya beberapa pendidikan formal. Menurut data survei dari CyberSeek , sebagian besar spesialis keamanan dunia maya (83 persen) telah menyelesaikan setidaknya gelar sarjana. Hanya 19 persen orang yang bekerja dalam peran tersebut memiliki gelar kurang dari BA.


Grafik yang menunjukkan persentase daftar pekerjaan online untuk peran keamanan siber tingkat awal dengan persyaratan pendidikan tertentu.


Meskipun demikian, tidak memiliki gelar formal seharusnya tidak menghalangi Anda untuk mencari peluang di bidang berpotensi tinggi ini. Nyatanya, Anda bisa masuk ke keamanan dunia maya tanpa gelar ! Jika mengikuti program gelar akademik penuh waktu empat tahun bukanlah suatu pilihan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jalur pendidikan alternatif seperti bootcamp keamanan dunia maya .


Bootcamp keamanan dunia maya adalah kursus intensif dan relatif murah yang memberikan dasar-dasar jaringan, manajemen sistem, keamanan dunia maya, pemrograman, manajemen basis data, peretasan etis, dan komunikasi risiko hanya dalam waktu 24 minggu. Program-program ini dipimpin oleh instruktur dan menawarkan semua manfaat kolaboratif dari lingkungan berbasis kelas.


Sebagian besar bootcamp mengikuti jadwal paruh waktu sehingga pelajar dapat menyeimbangkan pendidikan mereka dengan prioritas pribadi dan profesional lainnya. Pengaturan ini juga cocok untuk para profesional TI tingkat awal yang ingin meningkatkan keterampilan secepat mungkin sembari mendapatkan pengalaman kerja yang relevan.


Meskipun demikian, program sarjana dan bootcamp mungkin tidak cocok untuk setiap pelajar. Jika Anda sudah memiliki gelar dan ingin mengejar peran kepemimpinan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan gelar Master dalam keamanan dunia maya. Program-program ini cenderung berjalan lebih lama daripada bootcamp — sekitar 20 bulan  dan memberi siswa kesempatan untuk menyelesaikan serangkaian kursus dasar dan pilihan serta proyek batu penjuru.


Pada saat seorang siswa lulus dari program Magister Keamanan Cyber ​​, mereka akan memiliki keterampilan teknis dan lunak yang mereka perlukan untuk mengambil peran kepemimpinan di lembaga pemerintah, organisasi militer, dan bisnis sektor swasta. Lulusan juga memiliki akses ke jaringan alumni sekolah mereka. Jika Anda memiliki pengalaman di bidang teknologi dan ingin melompat ke puncak tangga pepatah, memperoleh gelar Master dalam keamanan dunia maya mungkin merupakan taruhan terbaik Anda.


  • tidak dicentang

    DAPATKAN INFO PROGRAM

  • tidak dicentang

    Pilih Program

  • tidak dicentang

    BERIKUTNYA


  • tidak dicentang

    0%

2. Dapatkan Bersertifikat

Jika Anda berencana membangun karier di bidang keamanan dunia maya, Anda mungkin perlu mencari sertifikasi di beberapa titik. Pikirkan akreditasi sebagai stempel persetujuan tambahan pada resume Anda  ini menegaskan bahwa Anda memiliki tingkat dasar keahlian dalam mata pelajaran tertentu dan dapat mengatasi tantangan khusus pekerjaan tertentu.


Misalnya, seseorang dengan sertifikasi CompTIA Security+ dijamin menguasai keterampilan keamanan dasar. Tidak ada dugaan; ketika pemberi kerja melihat sertifikasi itu, mereka tahu bahwa pelamar memiliki keterampilan minimal yang diperlukan untuk berhasil dalam peran keamanan dunia maya tingkat pemula. Memiliki sertifikasi dapat membantu Anda berdiri di atas kerumunan sebagai pelamar pekerjaan yang memenuhi syarat dan meningkatkan peluang pemberi kerja memberi Anda peringkat tinggi dalam daftar pilihan mereka.


Namun, sertifikasi CompTIA Security+ bukan satu-satunya yang harus Anda pertimbangkan jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi analis keamanan dunia maya. Di bawah ini, kami telah mencantumkan sertifikasi analis keamanan yang paling sering diminta oleh pemberi kerja, sesuai CyberSeek .


  • Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat (CISSP)

  • Sertifikasi SANS/GIAC

  • Keamanan CompTIA+

  • Auditor Sistem Informasi Bersertifikat (CISA)

  • Manajer Keamanan Informasi Bersertifikat (CISM)

Meskipun Anda mungkin tidak memerlukan semua sertifikasi ini untuk mendapatkan pekerjaan tingkat pemula pertama Anda dalam keamanan dunia maya, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil satu atau dua untuk menegaskan keterampilan Anda sebelum mulai melamar.


3. Dapatkan Pengalaman

Cara terbaik untuk belajar adalah (hampir) selalu dengan melakukan. Dalam hal peningkatan keterampilan keamanan dunia maya, itu berarti mencari magang atau pekerjaan lain yang akan memberi Anda keamanan dunia nyata dan pengalaman TI.


Jika Anda adalah siswa saat ini atau lulusan baru, pertimbangkan untuk melamar peran paruh waktu yang memungkinkan Anda mempraktikkan pembelajaran buku Anda! Anda dapat menghubungi kantor karir lembaga akademik Anda untuk mengetahui apakah mereka memiliki penempatan kerja sektor TI yang tersedia untuk mendapatkan kredit. Alternatifnya, Anda dapat menghubungi instruktur atau kantor alumni Anda untuk mengetahui apakah mereka mengenal seseorang di industri keamanan yang mungkin tertarik untuk magang selama satu atau dua semester.


Sudah bekerja di TI? Anda berada di depan kurva  tetapi masih ada langkah yang dapat Anda ambil untuk memajukan resume Anda. Bicaralah dengan penyelia Anda untuk mengetahui apakah ada proyek terkait keamanan yang dapat Anda bantu atau duduki. Anda mungkin akan terkejut dengan peluang yang Anda temukan!


  • Sumber Daya Tambahan:


Cara Mendapatkan Magang  Glassdoor

Membuat Kasus untuk Pengembangan Profesional Anda  The Economist

Cara Menemukan Magang Musim Panas - Memang

4. Bangun Jaringan Profesional Anda

Itu adalah fakta kehidupan (profesional); siapa yang Anda kenal penting. Meluangkan waktu untuk menjalin koneksi mungkin terdengar seperti banyak pekerjaan yang tidak perlu pada awalnya  tetapi melakukan hal itu dapat memberikan hasil yang besar di kemudian hari.


Pertimbangkan untuk berbaur di acara profesional teknologi lokal sebagai contoh. Tentu, Anda mungkin tidak menyukai gagasan berbasa-basi dengan orang yang tidak Anda kenal selama satu atau dua jam. Tapi siapa yang tahu; orang yang Anda ajak bicara selama acara jaringan mungkin mengetahui lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda — atau, lebih baik lagi, berada dalam posisi untuk menyampaikan kata-kata yang baik untuk Anda.


Berjejaring di konvensi dan panel selanjutnya memberi Anda kesempatan untuk terlibat dengan ide, tren, dan pembuat perubahan industri baru. Tetapi Anda tidak perlu menghadiri acara ini jika Anda tidak punya waktu. Bahkan berjejaring di platform online seperti LinkedIn dapat membantu Anda memanfaatkan peluang karier langsung dan mengakses saran dan dukungan karier yang berharga!


5. Melamar Pekerjaan

Setelah Anda memperoleh pendidikan, menjaring beberapa sertifikasi, memperoleh beberapa pengalaman dan membangun fondasi untuk jaringan profesional Anda, Anda akan berada dalam posisi yang sangat baik untuk mulai melamar pekerjaan analis keamanan cyber tingkat pemula.


Mulailah pencarian Anda dengan menanyakan jaringan Anda — apakah ada perusahaan koneksi Anda yang sedang merekrut? Apakah ada kebutuhan bakat lokal yang mendesak yang dapat Anda manfaatkan? Anda mungkin terkejut dengan peluang yang Anda temukan di lingkungan Anda sendiri.


Jika pencarian jaringan Anda mengering, Anda dapat beralih ke papan pekerjaan online seperti Memang, Monster, ZipRecruiter atau Google Jobs, yang mengumpulkan posting ke dalam daftar yang nyaman. Anda mungkin ingin membuat spreadsheet atau dokumen lain untuk melacak aplikasi Anda; menurut Biro Statistik Tenaga Kerja , seringkali dibutuhkan profesional antara satu dan tiga bulan untuk mendapatkan pekerjaan baru.


Jangan berharap untuk langsung mendapatkan peran! Tidak peduli seberapa berbakatnya Anda, prosesnya membutuhkan waktu dan usaha. Yang mengatakan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat dengan mengoptimalkan resume dan surat lamaran Anda untuk setiap pekerjaan dan mempersiapkan secara menyeluruh untuk setiap wawancara yang mungkin Anda terima.


Pekerjaan analis keamanan dunia maya yang tepat ada di luar sana  Anda hanya perlu menemukannya!


  • Sumber Daya Tambahan:


10 Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan untuk Menulis Resume Keamanan Siber yang Unggul  Intelijen Keamanan

Cara Menulis Surat Pengantar: Tips Terbaik Sepanjang Masa  The Muse

10 Cara Mempersiapkan (dan Ace) Wawancara Kerja Keamanan  Majalah CSO

Keterampilan yang Diharapkan Dimiliki Analis Keamanan Cyber

Meskipun tanggung jawab pekerjaan dapat bervariasi di antara pemberi kerja, sebagian besar pekerjaan keamanan dunia maya tingkat pemula akan membutuhkan kemampuan dasar yang sama. Keahlian keamanan dunia maya tingkat pemula beragam ; itu mencakup administrasi sistem, keamanan jaringan dan pengembangan protokol, di antara bidang keahlian lainnya.


  • Berikut ringkasan singkat keterampilan yang harus Anda prioritaskan.


  • Dasar-dasar

  • Keterampilan ini berkaitan dengan belajar berpikir seperti profesional keamanan dan memahami konteks perlindungan data di dunia digital.


  • Keterampilan Yang Relevan:


  • Triad CIA (kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan)

  • Pemerintahan

  • Kepatuhan

  • Pemulihan bencana

  • Analisis dan mitigasi risiko

  • Perencanaan kesinambungan bisnis

  • Administrasi Sistem

  • Kemampuan ini terkait dengan pengoperasian sistem Windows dan Linux.


  • Keterampilan Yang Relevan:


  • Konfigurasi server Linux

  • Menggunakan alat-alat seperti Tar, Cron dan Cronjobs

  • Pemrograman yang relevan dengan keamanan

  • Konfigurasi server Windows

  • Menggunakan Kerberos

  • Menggunakan Direktori Aktif

  • Keamanan jaringan

  • Keterampilan ini berhubungan dengan konfigurasi jaringan, desain dan protokol.


  • Keterampilan yang relevan:


  • Arsitektur jaringan, operasi dan keamanan

  • Analisis lalu lintas

  • Keamanan email dan nirkabel

  • Enkripsi dan kriptografi

  • Keamanan cloud dan virtualisasi

  • Pemindaian port

  • Keamanan Pertahanan

  • Kemampuan ini terkait dengan tantangan untuk merespons pelanggaran dan serangan secara real time.


  • Keterampilan yang relevan:


  • Tanggapan insiden

  • forensik digital

  • Ekstraksi dan pemulihan data

  • Pemantauan dan pencatatan

  • Menggunakan Splunk

  • Keamanan ofensif

  • Keterampilan ini terkait dengan pengujian penetrasi dan taktik perlindungan proaktif.


  • Keterampilan yang relevan:


  • Standar pengujian penetrasi

  • Menggunakan SearchSploit dan Metasploit

  • Jaringan berputar

  • Menggunakan Zenmap

  • Webshell

  • injeksi SQL

  • Kerentanan inklusi file dan injeksi perintah

  • Menggunakan Burp Suite

  • Payload XSS dan kerentanan

  • Setelah Anda menguasai ini, Anda akan segera menjadi analis keamanan dunia maya!


  • Jenjang Karir Di Bidang Cyber ​​Security

Keamanan dunia maya adalah bidang dengan potensi kemajuan yang luar biasa. Di bawah ini, kami telah menguraikan beberapa peran tingkat awal, menengah, dan senior yang dapat Anda kembangkan saat karier Anda semakin matang.


  • tidak dicentang

    Tingkat Awal

  • Spesialis Keamanan Cyber

Pakar keamanan dunia maya menyaring perangkat lunak, jaringan, dan pusat data yang sedang berkembang untuk kelemahan keamanan, lalu mengusulkan cara untuk mengatasi kerentanan tersebut. Para profesional ini adalah detektif yang berorientasi pada detail yang secara teratur menjalankan diagnostik, menganalisis potensi metode penyusupan, dan mengembangkan tindakan perlindungan.


  • tidak dicentang

    Analis Insiden

Seperti judulnya, analis insiden fokus pada pelanggaran keamanan aktual dan potensial. Mereka bertugas memantau jaringan dan sistem untuk aktivitas tidak teratur dan melakukan audit keamanan, aktivitas forensik, uji penetrasi, dan analisis malware.


  • tidak dicentang

    Auditor TI

Meski terdengar menakutkan, audit tidak selalu buruk. Auditor TI membawa kaca pembesar ke infrastruktur teknologi organisasi  tugas mereka adalah mengidentifikasi penyimpangan apa pun dalam kepatuhan, efisiensi, dan manajemen risiko sebelum menyebabkan masalah nyata.


  • tidak dicentang

    Tingkat Menengah

  • tidak dicentang

    Analis Keamanan Cyber

Seperti spesialis keamanan dunia maya, analis dunia maya secara teratur memantau jaringan dan server organisasi mereka untuk potensi ancaman. Namun, bagian yang lebih penting dari peran analis terletak pada perencanaan dan penerapan protokol dan prosedur keamanan. Para profesional ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rencana keamanan bisnis lebih dari sekadar kata-kata di atas kertas.


  • Konsultan Keamanan Cyber

Peran konsultan keamanan dunia maya sangat lancar; itu bervariasi antara profesional. Menurut definisi, konsultan tidak terikat pada satu perusahaan. Sebaliknya, mereka bekerja secara mandiri dan membawa keterampilan khusus untuk mengatasi masalah keamanan perusahaan. Pekerjaan mereka sangat bergantung pada spesialisasi tersebut — beberapa mungkin berfokus pada penilaian kerentanan, yang lain mungkin mengembangkan rekomendasi keamanan. Bagaimanapun, seorang konsultan merancang tanggung jawab mereka sendiri.


  • Penguji Penetrasi

Penguji penetrasi pada dasarnya adalah peretas topi putih. Mereka melakukan tes resmi — peretasan  untuk mengidentifikasi kerentanan di server klien, jaringan, sistem komputer, dan titik kontak digital lainnya.


  • tidak dicentang

    Tingkat senior

  • Administrator Keamanan Cyber

Administrator keamanan dunia maya pada dasarnya adalah direktur tim keamanan. Mereka bertanggung jawab untuk menerapkan, memecahkan masalah, dan mengawasi protokol keamanan dunia maya perusahaan. Para profesional ini juga bertanggung jawab untuk membuat dokumen pelatihan dan standar keamanan bagi anggota tim keamanan.


  • Insinyur Keamanan Cyber

Insinyur keamanan dunia maya mengembangkan solusi gambaran besar untuk memenuhi kebutuhan keamanan organisasi. Mereka menangani  atau setidaknya mengawasi  setiap aspek dari proses ini, mulai dari perencanaan hingga penerapan dan pemecahan masalah prosedur dan protokol baru.


  • Arsitek Keamanan Siber

Arsitek keamanan dunia maya menghadapi tantangan untuk merancang, membangun, dan menjalankan sistem keamanan untuk perusahaan perusahaan. Ini adalah peran yang ambisius; seringkali membutuhkan profesional untuk mengintegrasikan solusi keamanan ke dalam strategi dan infrastruktur keamanan bisnis yang ada.


Outlook Pekerjaan California dan AS untuk Analis Keamanan Cyber

Tidak ada cara untuk mempermasalahkannya - prospek pekerjaan untuk analis keamanan dunia maya sangat fantastis.


  • tidak dicentang

    Saat ini, sektor dunia maya sedang mengalami krisis bakat. Menurut penelitian (ISC)2 (PDF, 1 MB) , kekurangan profesional dunia maya secara global mencapai 3 juta pada tahun 2018.


Laporan yang sama menemukan bahwa 63 persen responden yang disurvei mengatakan bahwa perusahaan mereka kekurangan profesional TI khusus keamanan  dan hampir 60 persen mengatakan bahwa organisasi mereka "berisiko sedang atau ekstrim terhadap serangan keamanan siber" sebagai akibatnya. Mengingat hal ini, tidak mengherankan jika hampir setengah (48 persen) dari semua organisasi yang disurvei menyatakan bahwa mereka berencana untuk menambah staf keamanan siber mereka.


Bagan yang menunjukkan kekurangan staf keamanan siber global dan risiko yang terkait dengan kekurangan tersebut.


Penelitian dari Biro Statistik Tenaga Kerja menegaskan kembali kebutuhan akan bakat. Analis untuk proyek BLS bahwa pekerjaan analis keamanan informasi akan tumbuh sebesar 31 persen pada tahun 2029. Singkatnya - pertumbuhan rata-rata yang diharapkan untuk semua profesi lain hanya empat persen.


Tingkat peluang yang tersedia bagi calon profesional dunia maya sangat luar biasa. Perusahaan mempekerjakan analis keamanan dunia maya dengan kecepatan yang dipercepat  hampir tidak terpikirkan .


Jika Anda tinggal di California, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan dunia maya impian Anda bahkan lebih tinggi. Menurut peta panas permintaan CyberSeek, California saat ini memiliki antara 20.203 dan 66.741 pekerjaan yang tersedia untuk calon profesional keamanan. Hanya enam negara bagian lain yang juga membutuhkan bakat: Texas, Florida, Carolina Utara, Virginia, Maryland, dan New York.


Singkatnya  jika Anda ingin masuk ke bidang keamanan dunia maya, tidak ada waktu yang lebih baik dari saat ini


  • Haruskah Anda Menjadi Analis Keamanan Cyber?

Jika Anda tertarik dengan teknologi dan keamanan, satu-satunya jawaban untuk pertanyaan ini adalah ya. Permintaan akan analis keamanan dunia maya yang berkualitas tidak pernah setinggi ini, dan peluang untuk meningkatkan keterampilan juga tidak pernah lebih tersedia.


Jika Anda ingin mulai membangun keahlian dasar sambil memperoleh pengalaman praktis di bidang TI, tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai perjalanan karier Anda selain di Berkeley Cybersecurity Boot Camp . Program intensif 24 minggu kami akan membantu membekali Anda dengan keterampilan praktis dan pengetahuan yang Anda perlukan untuk mengejar pekerjaan pertama Anda di dunia maya.


Kenapa menunggu? Hubungi kami hari ini untuk mempelajari bagaimana kami dapat membantu memulai karir Anda!


👉💥💥Langkah-Langkah Bagi Pemula💥💥👈


0 komentar:

Posting Komentar