Kamis, 10 Agustus 2023

Apakah Gelar dalam Keamanan Cyber Bagi Pemula ​​​​Sepadan? Pro, Kontra dan Alternatif untuk Dipertimbangkan

 

Apakah Gelar dalam Keamanan Cyber Bagi Pemula ​​​​Sepadan? Pro, Kontra dan Alternatif untuk Dipertimbangkan


Kejahatan dunia maya Bagi Pemula #1 mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2020, menghasilkan hampir 800.000 pengaduan di AS dan kerugian lebih dari $4 miliar, menurut Pusat Pengaduan Kejahatan Internet FBI (PDF, 2,7 MB) . Penjahat dunia maya menargetkan individu, perusahaan , perguruan tinggi, dan pemerintah. 


Mengingat angka-angka ini, tidak diragukan lagi bahwa dunia sangat membutuhkan lebih banyak pakar keamanan siber untuk melindunginya. Apakah Anda akan menjadi salah satu untuk melangkah? 


Jika jawaban Anda adalah ya , masalah pertama yang harus Anda tangani adalah pendidikan Anda sendiri. Pro keamanan dunia maya memerlukan pendidikan lanjutan tetapi apakah gelar keamanan dunia maya sepadan? 


Di blog ini, kami akan menjawab pertanyaan itu dengan menjelajahi jenis tingkat keamanan dunia maya, pro dan kontra dalam mengejar satu dan beberapa rute alternatif untuk dipertimbangkan. 


  • Apa Jenis Gelar dalam Keamanan Cyber ​​​​Ada?

Sebelum kita mulai memetakan rute pendidikan tertentu, mari pertimbangkan bidang keamanan siber secara keseluruhan.  


Pakar keamanan dunia maya mengamankan komputer, jaringan, dan data kami. Bergantung pada peran khusus mereka, orang-orang di industri ini dapat mengamankan data sensitif terhadap pelanggaran, mengidentifikasi potensi kerentanan, atau bahkan menyelidiki aktivitas kejahatan dunia maya. 


Pekerjaan ini memiliki implikasi nyata bagi konsumen dan bisnis  jadi tidak mengherankan jika profesional keamanan dunia maya memerlukan pelatihan khusus. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda harus mencapainya?


Jika Anda mempertimbangkan gelar keamanan dunia maya, berikut adalah beberapa opsi untuk dipertimbangkan. 


Gelar Associate

Gelar dua tahun dalam keamanan dunia maya sebagian besar merupakan gelar sains terapan; mereka memberikan dasar dalam keterampilan keamanan teknis dan non-teknis. Mereka juga mencakup berbagai subspesialisasi. Misalnya, Anda dapat memilih gelar associate dalam keamanan dunia maya, forensik digital, dan pertahanan dunia maya; ini akan berfungsi sebagai jalur menuju pekerjaan keamanan pemerintah. 


Gelar keamanan dunia maya tingkat asosiasi biasanya berupa program 60 kredit dan menawarkan lingkungan belajar yang fleksibel. Banyak yang tersedia secara online, tatap muka atau melalui model studi hybrid.


  • tidak dicentang

    Sarjana

Gelar sarjana tetap menjadi kredensial perguruan tinggi yang disukai di antara spesialis keamanan dunia maya. Menurut CareerOneStop, 42 persen dari mereka yang berkecimpung dalam keamanan siber memiliki gelar sarjana.


Bagan yang menunjukkan seberapa banyak pendidikan yang dimiliki analis keamanan siber.


Meskipun tidak semua perguruan tinggi dan universitas akan menawarkan Bachelor's of Science khusus dalam keamanan dunia maya, banyak yang melakukannya. Ini terutama program 120 kredit yang berfokus pada disiplin ilmu seperti keamanan informasi, jaringan komputer, dan forensik dunia maya. Beberapa sekolah bisnis juga dapat mengoperasikan program serupa; namun, perspektif teknis yang ditawarkan oleh BS konvensional akan menawarkan jalur paling langsung ke sektor tersebut. 


Seperti gelar associate, banyak gelar sarjana dapat diselesaikan secara online atau tatap muka.


  • tidak dicentang

    Gelar Master

Gelar master memungkinkan penggemar keamanan dunia maya yang sudah memiliki gelar untuk memajukan pengetahuan dan kemampuan industri mereka. Program-program ini biasanya berlangsung antara dua dan tiga tahun, meskipun jadwalnya tentu saja akan bervariasi antar universitas. 


Perlu dicatat bahwa gelar ini tidak hanya untuk profesional dunia maya; mereka yang berada di bidang yang relevan tetapi non-teknis seperti keuangan atau hukum mungkin mendaftar di gelar Master untuk mengatasi masalah terkait kejahatan dunia maya di industri mereka sendiri. 


Program master sering dilakukan secara online, sebuah fakta yang mungkin dianggap sebagai "pro" bagi para profesional yang bekerja yang tidak punya waktu untuk pergi ke kampus untuk mengikuti kelas.


Apa Gelar dalam Kurikulum Keamanan Cyber ​​​​Biasanya Termasuk?

Tidak ada kurikulum keamanan dunia maya yang pernah ditetapkan. Bagaimana mungkin, ketika materi pelajaran terus muncul, berkembang dan sebaliknya berubah? 


Yang mengatakan, ada beberapa asumsi yang dapat Anda buat tentang apa yang mungkin dicakup oleh tingkat keamanan dunia maya. Kursus-kursus ini seringkali interdisipliner, meliputi ilmu komputer, hukum, pembuatan kebijakan, forensik digital, pemrograman dan matematika. 


Kedalaman studi akan, tentu saja, tergantung pada gelar. Gelar Associate menawarkan landasan dalam keamanan dunia maya, sedangkan gelar sarjana menggabungkan kurikulum perguruan tinggi yang lebih luas. Gelar master dalam keamanan dunia maya adalah program terkonsentrasi yang dirancang untuk menumbuhkan tingkat keahlian yang lebih tinggi atau lebih terspesialisasi. Semua akan, pada dasarnya, membantu Anda menjadi analis keamanan dunia maya .


Jadi, apakah gelar keamanan dunia maya sepadan? Hanya Anda yang dapat memutuskan apakah penawaran mereka memenuhi kebutuhan Anda. 


Berikut ini ikhtisar tentang apa yang dapat diberikan oleh setiap tingkat gelar.


  • tidak dicentang

    Gelar asosiasi

Keamanan digital adalah fokus utama bagi individu yang mengejar gelar associate dalam keamanan dunia maya. Siswa belajar cara melindungi sistem dan jaringan komputer dari penjahat dunia maya, serta cara mengidentifikasi pelanggaran. Keterampilan penting lainnya yang diperoleh termasuk mengidentifikasi ancaman digital, menganalisis dan memitigasi risiko, dan menggunakan alat keamanan dunia maya untuk mendukung langkah-langkah keamanan.


Program-program ini biasanya dimulai dengan memperkenalkan siswa pada dasar-dasar ilmu komputer seperti manajemen basis data dan pemrograman. Siswa juga dapat diminta untuk menyelesaikan kursus tentang topik matematika seperti statistik, kalkulus, dan geometri analitik. Mereka juga dapat mempelajari etika komputer dan ilmu sosial; psikologi, misalnya, bisa menjadi topik yang relevan mengingat bahwa memahami motivasi kriminal merupakan aspek penting dari keamanan.


  • tidak dicentang

    Sarjana

Seperti gelar associate, sarjana keamanan dunia maya akan membutuhkan kursus matematika dasar seperti kalkulus dan matematika diskrit. Namun, mengingat jadwalnya yang lebih panjang, program akademik ini dapat mengambil pendekatan yang lebih luas. Setelah memperoleh matematika dasar mereka, siswa dapat memulai dengan menjelajahi kursus jaringan dan telekomunikasi dasar, yang memperkenalkan siswa pada cara komputer mengintegrasikan dan berbagi informasi.


Dari sana, tingkat keamanan dunia maya dapat berkembang menjadi persyaratan hukum dan peraturan keamanan informasi serta teori keputusan — bidang studi yang meneliti interaksi interaksi antara penyerang, pembela, dan pengguna. Siswa juga dapat mempelajari pengembangan aplikasi komputer, linguistik dan logika.


Instruksi sarjana juga tidak selalu terbatas pada kuliah di kelas. Siswa yang termotivasi juga dapat memperoleh pengalaman dunia nyata dengan terlibat dalam magang; bahkan, beberapa perguruan tinggi mungkin memerlukan satu atau dua semester pengalaman magang!


  • tidak dicentang

    Gelar Master

Sulit untuk menggeneralisasi apa yang mungkin diperoleh siswa dari gelar master karena program semacam itu sering kali dirancang di sekitar fokus khusus. 


Misalnya, gelar pascasarjana mungkin menyelam lebih dalam ke aspek keamanan, privasi, dan etika tertentu atau melihat melampaui keamanan jaringan ke sistem operasi dan kerentanan perangkat lunak. Kursus lain mungkin mempelajari topik lanjutan seperti enkripsi dan pembelajaran mesin secara mendetail. Beberapa program berorientasi hukum juga dapat berfokus pada aspek hukum privasi dan pertimbangan sosial, seperti bagaimana Amandemen Pertama bersinggungan dengan keamanan digital. 


Struktur program master keamanan siber dapat bervariasi; Namun , mereka umumnya memasukkan segmen batu penjuru, di mana siswa merancang proyek yang berkaitan dengan keamanan dunia maya baik sendiri atau dengan tim. Beberapa program Master juga menyelenggarakan modul pencelupan di mana siswa  bahkan mereka yang biasanya masuk ke kelas secara virtual  diminta untuk menghadiri rapat dan lokakarya secara langsung.


  • tidak dicentang

    Pro Mendapatkan Gelar dalam Keamanan Cyber

Sekarang setelah kami menguraikan jenis gelar yang bisa Anda dapatkan, kami dapat beralih ke pertanyaan utama kami  apakah gelar keamanan dunia maya sepadan?


Mari pertimbangkan pro. 


Prospek Pekerjaan Luar Biasa

Grafik yang membandingkan industri paling populer untuk profesional keamanan siber.


Penipuan online tumbuh lebih cepat daripada yang bisa kita hentikan. Menurut Pusat Pengaduan Kejahatan Internet FBI (PDF, 2,7 MB) , laporan kejahatan internet meningkat hampir tiga kali lipat sejak 2016 dan lebih dari dua kali lipat sejak 2018. Pada tahun 2020, Pusat tersebut melaporkan lebih dari 791.000 pengaduan. 


Namun perluasan kumpulan bakat keamanan dunia maya tidak dapat mengimbangi. Menurut laporan tahun 2020 (PDF, 2,7 MB) dari organisasi keamanan dunia maya profesional (ISC)², ada kesenjangan tenaga kerja yang signifikan dan mengganggu di industri ini. Tidak kurang dari 64 persen profesional keamanan dunia maya yang disurvei mengatakan bahwa organisasi mereka menghadapi risiko karena tingkat kepegawaian yang kurang baik. 


Kesenjangan tenaga kerja terlihat jelas di seluruh dunia tetapi terutama terlihat di Amerika Serikat, di mana laporan (ISC)² menyebutkan kekurangan lebih dari 350.000 profesional terampil. Pandemi COVID-19 melipatgandakan kebutuhan ini lebih jauh . Ketika pembatasan jarak sosial diberlakukan , banyak perusahaan terpaksa memperluas langkah-langkah keamanan mereka untuk mengkompensasi kerentanan yang ditimbulkan oleh lebih banyak orang yang bekerja dari rumah.


Secara keseluruhan, semua tren ini menunjukkan prospek pekerjaan yang tinggi untuk calon profesional keamanan dunia maya . Data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa peluang kerja untuk pakar keamanan informasi akan meningkat sebesar 31 persen hingga 2029. Angka tersebut jauh lebih tinggi daripada perkiraan empat persen untuk semua tingkat pertumbuhan pekerjaan. 


  • tidak dicentang

    Gelar Membuat Anda Kompetitif

Meskipun gelar keamanan dunia maya tidak menjamin pekerjaan, gelar itu menempatkan Anda secara menguntungkan di pasar. Menurut CareerOneStop , 77 persen dari mereka yang bekerja di bidang keamanan informasi setidaknya memiliki gelar associate. Selanjutnya, 67 persen memiliki setidaknya gelar sarjana, dan 25 persen memiliki gelar pascasarjana. Memiliki beberapa bentuk pendidikan tinggi akan meyakinkan pemberi kerja tentang keterampilan Anda dan memberi Anda lebih banyak waktu dan kesempatan untuk mengasah pengetahuan khusus Anda. 


Ingin tahu jurusan mana yang akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk sukses? Laporan (ISC)² (PDF, 1,1 MB) mengutip ilmu komputer dan informasi sebagai jalur paling populer, dengan 49 persen profesional melaporkan beberapa bentuk gelar tersebut.


  • tidak dicentang

    Anda akan Mempelajari Keterampilan yang Relevan

Profesional keamanan dunia maya dibutuhkan di hampir setiap industri dan di perusahaan dengan berbagai ukuran. Ini tidak mengherankan; lagipula, keterampilan mereka sangat penting untuk setiap bisnis yang mengandalkan sistem komputer atau hadir secara online.


Program gelar dalam keamanan dunia maya dapat menawarkan kelas khusus dan pengalaman praktis dalam analisis, forensik digital, keamanan jaringan dan sistem, komputasi awan, dan lainnya. Keterampilan keamanan dunia maya ini langka dan berharga di dunia kerja; mengingat krisis bakat saat ini, mereka yang memilikinya akan diperhatikan, jika tidak dihargai, oleh pemberi kerja di industri tersebut. 


  • tidak dicentang

    Banyak Pilihan Daring

Untuk profesional yang bekerja, menemukan waktu untuk pergi ke kelas tidak selalu mudah. Untungnya, banyak program gelar, terutama Magister keamanan dunia maya , kini dapat diselesaikan secara online. Kursus virtual memberikan keuntungan lain: mereka memungkinkan Anda mengakses instruksi berkualitas tinggi dari mana pun Anda berada  tidak perlu relokasi.


Semua ini mengatakan, potensi karir jauh lebih tinggi di beberapa negara bagian daripada yang lain. California, misalnya, adalah rumah bagi sepertiga penuh dari daftar 150 Perusahaan Keamanan Siber Terbaik Cybersecurity Ventures Untuk Ditonton Tahun 2020. Seperti yang dikatakan oleh salah satu penulis untuk Cybersecurity Ventures, “[Pekerjaan] ini, ditambah ratusan lainnya di wilayah ini telah menciptakan pasar yang sangat kompetitif untuk penjualan, pemasaran, dan talenta teknik.” 


Banyak perusahaan mempekerjakan analis keamanan dunia maya  jika Anda memiliki keahlian yang diperlukan, keamanan pekerjaan Anda tinggi.


Kontra Mendapatkan Gelar dalam Keamanan Cyber

Seperti yang kami tanyakan - Apakah tingkat keamanan dunia maya sepadan? - kita perlu mempertimbangkan kontra. 


Karena tidak semua calon profesional dunia maya dapat menghadiri (atau mengunjungi kembali) perguruan tinggi, berikut adalah beberapa pertimbangan untuk dipertimbangkan sebelum mengejar gelar keamanan dunia maya:


  • tidak dicentang

    Biaya

Gelar empat tahun, meskipun diinginkan, mahal. Menurut US News & World Report , biaya kuliah rata-rata perguruan tinggi swasta sekitar $35.000 per tahun untuk biaya kuliah. Akibatnya, gelar empat tahun dari lembaga swasta akan menelan biaya rata-rata sekitar $140.000. Biaya lebih rendah di perguruan tinggi negeri (sekitar $9.600 untuk siswa dalam negeri, $21.000 untuk luar negeri) tetapi masih memerlukan investasi yang signifikan. 


Bagi sebagian orang, biaya ini mungkin tidak layak. Yang mengatakan, jika kuliah sesuai dengan semua kebutuhan Anda yang lain, Anda mungkin ingin memeriksa dengan institusi pilihan Anda untuk melihat beasiswa dan opsi pembiayaan apa yang tersedia. 


  • tidak dicentang

    Komitmen waktu

Empat tahun adalah waktu yang lama untuk berkomitmen bersekolah penuh waktu. Dan dengan program master membutuhkan 20 bulan lagi dalam beberapa kasus, termasuk sebuah proyek, seluruh proses akademik dapat berlangsung hingga total enam tahun . 


Tentu saja, mereka yang memilih gelar associate hanya perlu belajar selama kurang lebih dua tahun. Namun, ini adalah jalur tingkat pemula, dan mereka yang mengikutinya mungkin perlu mencari pendidikan lebih lanjut.


Apakah Anda Membutuhkan Gelar Keamanan Cyber ​​untuk Menjadi Profesional Keamanan Cyber? Jalur Alternatif

Berikut poin data yang menarik , milik (ISC)² (PDF, 1,1 MB) : delapan persen profesional keamanan dunia maya melaporkan hanya memiliki ijazah SMA. Meskipun ini bukan norma, mereka yang ingin masuk ke keamanan dunia maya tanpa gelar memiliki pilihan lain. 


Mari pertimbangkan beberapa di antaranya sekarang. 


  • tidak dicentang

    Bootcamp

Dengan fokus intensif tetapi pilihan penjadwalan yang fleksibel, bootcamp memberikan alternatif akademik yang bagus bagi siswa yang ingin mempelajari dasar-dasar keamanan dunia maya dengan jadwal yang dipercepat. Bootcamp biasanya dapat dilakukan penuh waktu (dalam program 12 minggu) atau paruh waktu (lebih dari 24 minggu) untuk mengakomodasi persyaratan kerja atau kebutuhan lainnya.


Bootcamp keamanan dunia maya menunjukkan hal-hal penting di bidang ini melalui kursus online dan proyek dunia nyata. Siswa menerima pelatihan dalam administrasi jaringan dan sistem, peretasan dan penetrasi etis, manajemen risiko, keamanan cloud, dan banyak lagi. Kurikulum biasanya mengambil pendekatan praktis untuk mempersiapkan siswa memasuki lapangan dengan sejumlah keterampilan khusus.


Siapa yang mungkin mendapat manfaat dari bootcamp? Mereka yang sudah bekerja di bidang teknis dapat meningkatkan keterampilan penilaian risiko dan perlindungan data untuk mengejar promosi atau perubahan karier. Bootcamps juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari transisi karir yang tidak ingin kembali ke perguruan tinggi untuk gelar lain. Setelah enam bulan, lulusan bootcamp memiliki keterampilan dan pelatihan untuk mulai melamar pekerjaan di bidang keamanan siber.


  1. DAPATKAN INFO PROGRAM

  2. Pilih Program

  3. BERIKUTNYA


  • tidak dicentang

    0%

  • Belajar sendiri

Seperti hampir semua hal di dunia digital, keamanan dunia maya dapat dipelajari secara mandiri. Internet dipenuhi dengan tutorial, video, kelas (banyak gratis) dan komunitas. Mungkin saja, meskipun sulit, untuk menyatukan pendidikan keamanan dunia maya dari sumber daya yang berbeda tersebut.


Manfaatnya jelas. Anda belajar apa yang Anda inginkan kapan pun Anda mau, tidak diharuskan mengikuti kelas yang Anda anggap tidak perlu, dan dapat mendanai pendidikan Anda sedikit lebih banyak daripada harga tagihan internet Anda. 


Yang mengatakan, menjadi otodidak juga memiliki beberapa kelemahan. Pengusaha kemungkinan akan membutuhkan lebih banyak bukti keterampilan daripada resume tutorial web gratis. Dan jika Anda tidak memiliki latar belakang teknis, memulai dari awal bisa jadi menakutkan. Mempelajari keamanan dunia maya memerlukan disiplin, rasa ingin tahu, dan keinginan untuk memecahkan teka-teki melalui konsep yang menantang — yang, dalam hal ini, akan mencakup memilah semua informasi yang tersedia dan mencari sumber materi pembelajaran dengan benar.


(Jika Anda tertarik dengan program yang dirancang sendiri, inilah panduan menyeluruh tentang keterampilan keamanan dunia maya yang harus Anda ketahui.)


Sebagai pendamping bootcamp dan belajar mandiri, sertifikasi membawa nilai dalam keamanan dunia maya. Sertifikat tersedia dalam berbagai disiplin ilmu. Beberapa sertifikasi yang paling direkomendasikan adalah Certified Ethical Hacker (CEH), Certified Information Systems Security Professional (CISSP) dan CompTIA Security+.


Ujian sertifikasi berlangsung beberapa jam tetapi dapat memerlukan persiapan berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Perlu dicatat bahwa bootcamp tidak memberikan sertifikasi setelah selesai; namun, mereka dapat membantu mempersiapkan siswa untuk mendapatkannya.


Sumber daya tambahan


  • tidak dicentang

    Peretas Etis Bersertifikat (CEH)  EC-Council

  • tidak dicentang

    CISSP: Sertifikasi Keamanan Siber Utama Dunia  (ISC) 2

  • tidak dicentang

    Sertifikasi CompTIA Security+  CompTIA

  • Menyimpulkannya

Kebutuhan masyarakat akan profesional keamanan dunia maya hanya akan tumbuh seiring upaya kami untuk mengekang ancaman konstan yang ditimbulkan oleh kejahatan online. Bidang ini kaya dengan peluang karir dan peluang untuk kemajuan. Selain itu, ini dapat bermanfaat bagi mereka yang mencegah pelanggaran data besar, menyelesaikan kejahatan dunia maya, atau menerapkan rencana pemulihan bencana digital untuk memulihkan informasi sensitif. 


Rute yang Anda ambil saat mengejar karier keamanan siber bergantung pada beberapa faktor, termasuk pendidikan sebelumnya, pengalaman kerja, sasaran karier, dan garis waktu yang diproyeksikan. 


Pilih jalan yang paling sesuai dengan masa depan Anda. Bagi mereka yang memulai dari awal yang memiliki waktu dan sumber daya keuangan, program gelar mungkin paling cocok. Jika Anda sudah memiliki gelar dan mencari keterampilan baru untuk perubahan karier, bootcamp keamanan dunia maya mungkin merupakan opsi yang tepat. Pembelajar yang memiliki motivasi diri yang memiliki dorongan dan hasrat untuk menggabungkan kurikulum mereka sendiri dapat menemukan bahwa belajar mandiri adalah jalan yang benar.


Opsi apa pun yang Anda pilih, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengejar karir di bidang keamanan siber. Kendalikan masa depan Anda; mulai jelajahi pilihan akademik Anda hari ini!



👉👉💣💣💣Langkah-Langkah Bagi Pemula💣💣💣👈👈

0 komentar:

Posting Komentar