Rabu, 09 Agustus 2023

5 Pekerjaan Keamanan Cyber ​​Level Awal untuk Pemula #1

 

5 Pekerjaan Keamanan Cyber ​​Level Awal untuk Pemula #1


Keamanan Bagi Pemula #1 dunia maya melibatkan perlindungan sistem komputer, jaringan, dan data dari akses, kerusakan, dan pencurian yang tidak sah  mencegah gangguan aktivitas digital dan akses data  sekaligus melindungi aset dan privasi pengguna. Mengingat serangan kriminal dunia maya yang terus meningkat di seluruh industri seperti utilitas, perawatan kesehatan, keuangan, serta pemerintah federal, tidak mengherankan jika profesional dunia maya sangat diminati. Faktanya, permintaan untuk pekerjaan keamanan cyber tingkat pemula diproyeksikan meningkat 33 persen selama dekade mendatang, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja.


Karena serangan keamanan dunia maya dapat terjadi di mana saja, kapan saja, pemberi kerja yang mempekerjakan pekerjaan keamanan dunia maya berkisar dari perusahaan besar hingga pemilik usaha kecil di berbagai industri. Tertarik untuk beralih ke karir keamanan cyber? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis pekerjaan keamanan cyber tingkat pemula yang mungkin tepat untuk Anda.


  • Cara Mendapatkan Pekerjaan Keamanan Cyber ​​Level Awal Pemula #1

Langkah pertama dalam memperoleh pekerjaan keamanan cyber tingkat pemula adalah mempertimbangkan keahlian Anda saat ini. Pastikan untuk menyertakan soft skill, seperti komunikasi, kemampuan beradaptasi, resolusi konflik, manajemen waktu dan keterampilan organisasi serta keterampilan teknis saat menyusun resume Anda.


Bagi mereka yang membutuhkan beberapa pelatihan atau peningkatan keterampilan tambahan, mendaftar di kamp pelatihan dapat memberikan keterampilan sesuai permintaan yang diperkuat dalam pengalaman belajar berbasis proyek di dunia nyata. Selain itu, proyek-proyek ini kemudian dapat mengisi portofolio profesional untuk dibagikan dengan calon pemberi kerja. Selain itu, waktu yang relatif singkat untuk menyelesaikan kamp pelatihan (3 hingga 6 bulan), dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada program gelar tradisional, memberikan manfaat tambahan bagi banyak pelajar juga.


Pelajar yang memiliki waktu dan sumber daya keuangan dapat memilih untuk memperoleh gelar tradisional dalam ilmu komputer dengan minor dalam keamanan dunia maya. Selain teori dan praktik keamanan dunia maya, para pelajar ini akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi minat tambahan di luar jurusan mereka dengan kecepatan yang lebih santai.


Sebagai pilihan lain, beberapa pelajar memilih belajar mandiri sebagai jalur pendidikan mereka. Hal ini tidak hanya memungkinkan lebih banyak fleksibilitas jadwal karena berjalan sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi mereka yang hanya ingin mempelajari beberapa keterampilan khusus. Namun, beberapa pemberi kerja mungkin memerlukan sertifikasi tambahan dari pelajar mandiri untuk memvalidasi pelatihan dan keahlian mereka.


Siapa pun yang memiliki jaringan komputer memerlukan beberapa bentuk rencana keamanan dunia maya. Industri termasuk keuangan, perawatan kesehatan, dan teknologi semakin mengalami pelanggaran yang memengaruhi klien mereka. Karena ancaman ini, ada lebih banyak permintaan untuk profesional keamanan dunia maya daripada sebelumnya dan permintaan melebihi pasokan .


Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana memulai karir di bidang keamanan dunia maya, berikut adalah daftar pekerjaan keamanan dunia maya tingkat pemula untuk dipertimbangkan.


  • tidak dicentang

    Analis keamanan dunia maya

  • tidak dicentang

    Spesialis keamanan

  • tidak dicentang

    Penyelidik forensik digital

Di Amerika Utara saja, dibutuhkan lebih dari 1,3 juta profesional keamanan dunia maya . Namun, hanya 805.000 posisi yang saat ini terisi. Itu meninggalkan kesenjangan tenaga kerja yang cukup besar di bidang keamanan siber. Jika Anda ingin menjadi salah satu dari setengah juta orang yang dibutuhkan untuk mengisi kekosongan tersebut, pilihlah pekerjaan sebagai analis keamanan siber.


Peran utama analis keamanan dunia maya adalah memahami infrastruktur TI perusahaan secara mendetail, memantaunya setiap saat, dan mengevaluasi ancaman yang berpotensi membahayakan jaringan. Analis keamanan dunia maya mencari cara untuk meningkatkan postur keamanan jaringan perusahaan untuk melindungi aset data, akses jaringan, dan privasi.


Beberapa tanggung jawab analis keamanan dunia maya termasuk melakukan penilaian keamanan dan melakukan laporan audit keamanan. Laporan ini harus mencakup kekuatan dan kelemahan keamanan, serta aktivitas tidak biasa yang diamati dalam jaringan. Memahami keamanan cloud dan manajemen risiko adalah persyaratan lain dari pekerjaan keamanan dunia maya, yang dapat dicapai melalui kamp pelatihan keamanan dunia maya .




  • Penguji penetrasi Pemula #1

Auditor TI harus memiliki pemahaman yang kuat tentang proses bisnis dan sistem. Karena auditor TI bekerja dengan informasi rahasia, berbagai teknologi dan aplikasi, mereka juga harus memiliki keterampilan pemecahan masalah dan pemecahan masalah yang luar biasa, perhatian cermat terhadap detail, dan pengetahuan tentang tren keamanan dunia maya. Kandidat untuk peran ini seringkali diminta untuk memahami firewall, VPN, dan teknik pencegahan kehilangan data.


Auditor TI terus-menerus menguji kerentanan jaringan. Tugas lain mungkin termasuk memeriksa paparan perusahaan terhadap risiko keamanan sambil merencanakan, memantau, dan meningkatkan langkah-langkah berdasarkan risiko tersebut. Auditor TI diharapkan untuk menyajikan laporan dan analitik kepada tim, manajer, atau pemangku kepentingan mereka sehubungan dengan audit keamanan. Jadi, meskipun keamanan dunia maya memang membutuhkan keterampilan teknis, keterampilan interpersonal seringkali sama pentingnya.


Meskipun beberapa pekerjaan memerlukan gelar dalam ilmu komputer, sistem komputer, atau disiplin terkait, pelatihan melalui kamp pelatihan keamanan dunia maya dapat membantu dalam mengejar posisi auditor TI.


  • Gambar menyoroti 5 pekerjaan dalam keamanan dunia maya untuk pemula.


  • Apakah Keamanan Cyber ​​Tepat untuk Saya Pemula#1?

Anda mungkin bertanya: Apakah keamanan dunia maya cocok untuk saya? Salah satu langkah pertama untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah melakukan riset dan memahami komitmen, keterampilan, dan langkah-langkah yang Anda perlukan untuk berhasil di bidang tersebut.


Penting juga untuk memutuskan lengan keamanan dunia maya mana yang menarik minat Anda. Keamanan dunia maya adalah istilah umum yang termasuk dalam banyak spesialisasi. Untuk alasan ini, penelitian intensif adalah tempat yang sangat baik untuk memulai menemukan ceruk pasar Anda. Cari berbagai deskripsi pekerjaan keamanan dunia maya untuk menentukan keahlian dan minat Anda yang sesuai dengan setiap posisi.


Selanjutnya, lihat jenis pelatihan, kredensial, dan pengalaman yang Anda perlukan untuk menjadi analis keamanan dunia maya, spesialis keamanan, penyelidik forensik digital, auditor TI atau penguji penetrasi, untuk menyebutkan beberapa pekerjaan keamanan dunia maya tingkat pemula.


Seiring dengan perkembangan teknologi, jumlah peretas yang mencoba mengakses sistem komputer secara ilegal juga meningkat. Oleh karena itu, teknisi keamanan dunia maya akan terus dibutuhkan. Menurut BLS, lebih dari 16.000 lowongan pekerjaan TI diproyeksikan setiap tahun selama dekade berikutnya .


Bagan yang menunjukkan proyeksi lowongan pekerjaan dan pertumbuhan lapangan untuk analis keamanan informasi hingga tahun 2032.


Jika Anda sedang mencari karir yang menawarkan fleksibilitas, keamanan siber mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan. Kemampuan untuk bekerja dari rumah, serta perpindahan lateral ke sektor lain, agak umum. Selain itu, dengan opsi kamp pelatihan keamanan siber yang menawarkan sertifikat dalam waktu singkat, keamanan siber adalah bidang yang mungkin tepat untuk Anda.


  • Cara Memulai Karir di Keamanan Cyber Pemula #1

Baik mendapatkan pengalaman dalam pekerjaan, pelatihan melalui kamp pelatihan keamanan siber , atau belajar melalui gelar tradisional, memulai karir di bidang keamanan siber tidak selalu merupakan jalur yang lurus.


Memang, jalur paling linier menuju karier keamanan dunia maya adalah melalui program gelar tradisional dalam ilmu komputer, teknik, TI, atau bidang terkait. Bahkan, beberapa profesional bahkan memilih untuk melangkah lebih jauh dan mendapatkan gelar master. Namun, mereka yang baru memulai dan mencari posisi level awal terkadang memilih untuk meninggalkan jalur gelar tradisional untuk kamp pelatihan keamanan siber intensif selama 24 minggu . Seiring meningkatnya minat teknisi keamanan siber, mengambil keterampilan keamanan siber tanpa gelar empat tahun menjadi semakin populer.


Tidak semua pekerjaan keamanan dunia maya membutuhkan gelar atau kredensial. Meskipun diploma atau sertifikat dapat memberikan jalur yang lebih langsung untuk mendapatkan keterampilan, membuat portofolio pekerjaan, dan membangun resume, keterampilan menghasilkan dengan bekerja bisa sangat berharga. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa mendapatkan pekerjaan keamanan dunia maya dengan sedikit atau tanpa pengalaman bisa jadi menantang.


Tidak hanya ada satu jalan untuk memulai karir di bidang keamanan siber. Anda dapat memilih dari mana Anda memulai dan ke mana Anda akan pergi tergantung pada kebutuhan Anda.


  • FAQ Pekerjaan Keamanan Cyber ​​Level Awal

Bagi mereka yang mempertimbangkan pekerjaan di keamanan dunia maya, berikut adalah beberapa jawaban cepat atas pertanyaan umum Anda tentang pekerjaan keamanan dunia maya tingkat pemula.


Apa itu keamanan dunia maya?

Keamanan dunia maya (atau keamanan TI) mengacu pada perlindungan sistem komputer dan jaringan dari pengungkapan informasi, pencurian data, dan kerusakan perangkat keras atau perangkat lunak dari serangan melalui akses yang tidak sah.


  1. Apakah keamanan dunia maya sulit?

  2. Apakah keamanan dunia maya membosankan?

  3. Apakah gelar keamanan dunia maya sepadan?

  4. Apakah keamanan dunia maya merupakan karier yang bagus?

Bisakah Anda bekerja dari rumah dalam keamanan Bagi Pemula #1?




0 komentar:

Posting Komentar