Selasa, 08 Agustus 2023

Apa itu Keamanan Bagi Pemula #1 Komputer?

 

Apa itu Keamanan Bagi Pemula #1 Komputer?


Komputer Langkah-Langkah Bagi Pemula dan internet telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan pribadi dan profesional kita. Komputer sangat penting untuk sebagian besar bisnis modern tetapi risiko datang dengan keharusan itu. Melindungi data bisnis merupakan pertimbangan penting bagi organisasi mana pun, menjadikan keamanan komputer sebagai prioritas. Informasi sensitif seringkali berharga, membuat sistem komputer menjadi sasaran pencuri dan peretas.


Tapi apa itu keamanan komputer? Keamanan komputer mengacu pada tindakan dan kontrol yang memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi yang diproses dan disimpan oleh komputer. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari melindungi aset informasi fisik, hingga praktik keamanan data dan keamanan komputer. Keamanan komputer memastikan bahwa data bisnis dan sistem komputer aman dari pelanggaran dan akses tidak sah.


Mempelajari tentang keamanan komputer dapat membantu Anda membangun keterampilan baru untuk diterapkan dalam peran Anda saat ini, atau membantu Anda memulai jalur karier yang sama sekali baru. Keterampilan keamanan komputer sangat berharga dan kemungkinan besar akan terus berlanjut karena komputer terus menjadi kekuatan pasar modern.


  • Dalam panduan Bagi Pemula #1 ini, kita akan membahas:


  • tidak dicentang

    Apa itu keamanan?

  • tidak dicentang

    Jenis keamanan komputer

  • tidak dicentang

    Pentingnya keamanan komputer

  • tidak dicentang

    Pekerjaan dalam keamanan komputer

  • tidak dicentang

    Keamanan Komputer Dasar

Umumnya, keamanan komputer dasar berfokus pada perlindungan sistem komputer dari akses dan penggunaan yang tidak sah. Untuk keamanan komputer pribadi Anda, ini dapat mencakup langkah-langkah seperti menginstal perangkat lunak antivirus, menggunakan pembuat kata sandi, dan melindungi data yang Anda bagikan secara online.


Pakar keamanan komputer bekerja untuk membuat contoh praktik terbaik keamanan komputer (yaitu, keamanan siber) dalam organisasi. Ini melibatkan pengelolaan komputer dan keamanan jaringan dan menciptakan budaya yang berfokus pada keamanan dalam organisasi mereka. Intinya, fungsi keamanan komputer serta orang-orang organisasi mengikuti protokol keamanan  banyak kasus akses tidak sah dan pelanggaran keamanan terjadi karena karyawan mengklik email phishing atau mengabaikan kebijakan keamanan.


Pakar keamanan komputer juga harus menetapkan praktik terbaik etika komputer dalam organisasi mereka. Secara khusus, etika komputer mengacu pada implementasi etis dan penggunaan sumber daya komputasi, menurut Technopedia . Ini termasuk menghindari pelanggaran hak cipta dan merek dagang, distribusi konten digital tanpa izin dan perilaku serta pendekatan operator manusia, etika di tempat kerja, dan kepatuhan terhadap standar etika seputar penggunaan komputer.


  • Jenis Keamanan Komputer

Ada beberapa jenis keamanan komputer yang memengaruhi berbagai elemen infrastruktur fisik dan digital organisasi. Akibatnya, ada banyak jenis keamanan yang harus menjadi fokus para profesional, termasuk


  • tidak dicentang

    Keamanan Aplikasi

  • tidak dicentang

    Informasi keamanan

  • tidak dicentang

    Keamanan jaringan

  • tidak dicentang

    Keamanan Titik Akhir

Keamanan aplikasi adalah proses penambahan fitur khusus ke perangkat lunak yang mencegah berbagai ancaman dunia maya. Contohnya termasuk autentikasi dua langkah, enkripsi tingkat tinggi, logging, firewall, sistem pencegahan intrusi (IPS), dan lainnya.


Masing-masing jenis keamanan komputer ini melibatkan banyak komponen dan dapat dianggap sebagai bidang khusus mereka sendiri. Misalnya, keamanan jaringan melibatkan komponen fisik jaringan (misalnya, router, server, infrastruktur jaringan lainnya) dan komponen perangkat lunak yang melindungi infrastruktur jaringan organisasi (misalnya, firewall, kebijakan keamanan). Ini melibatkan banyak pengetahuan berbasis luas dan terperinci, membuat setiap jenis keamanan memiliki spesialisasi tersendiri.


Pakar keamanan komputer, terkadang disebut pakar keamanan dunia maya , harus mengetahui berbagai topik keamanan komputer terkini untuk melindungi organisasi mereka dari ancaman dunia maya yang sedang berlangsung yang mereka hadapi setiap hari. Baca terus untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan Mengapa keamanan komputer begitu penting?


  • Mengapa Keamanan Komputer Penting Bagi Pemula #1 ?

Kejahatan dunia maya sangat umum  menurut Cybersecurity & Infrastructure Security Agency (CISA), 1 dari 3 rumah di Amerika Serikat memiliki komputer yang terinfeksi malware dan 600.000 akun Facebook diretas setiap hari. Banyak dari pelanggaran ini dapat dihindari dengan praktik keamanan yang tepat.


Keamanan komputer melindungi individu dan organisasi dari ancaman dunia maya dan kehilangan data penting. Menjadi sasaran penjahat dunia maya bisa sangat merusak dan mengganggu aktivitas sehari-hari, baik pribadi maupun profesional. Jadi, mengapa keamanan komputer begitu penting? Karena memahami dasar-dasar keamanan komputer dapat membantu Anda menghindari sakit kepala dan menjaga keamanan data Anda dari orang lain. Identitas Anda dicuri atau akun Anda disusupi dapat menyebabkan hilangnya waktu berjam-jam dengan pemulihan akun serta kerugian finansial yang signifikan.


Keamanan komputer juga merupakan komponen penting dari infrastruktur komputer dalam pengaturan perusahaan. Spesialis keamanan siber menjadi semakin penting bagi organisasi di seluruh dunia untuk melindungi infrastruktur bisnis mereka dari ancaman luar. Menjadi ahli dalam keamanan komputer dapat menghasilkan karir yang menggiurkan dan mengasyikkan.


Sebagian besar sistem komputer pribadi dan perusahaan merupakan target yang menarik bagi para peretas. Pencurian data melibatkan pengaksesan aset data pribadi yang aman untuk tujuan mencuri data itu sendiri atau mendapatkan akses berkelanjutan ke database untuk tujuan spionase perusahaan.


  • Grafik yang menyoroti empat ancaman keamanan komputer.


Keamanan komputer sering dianggap sebagai "perlombaan senjata", di mana pakar keamanan komputer mengembangkan alat dan prosedur untuk memerangi ancaman keamanan dunia maya teratas di lapangan, sementara pelaku jahat menemukan cara baru untuk mengeksploitasi sistem komputer. Siapa pun yang tertarik untuk bekerja dalam keamanan dunia maya harus tetap mengetahui jenis ancaman keamanan komputer terbaru dan cara mempertahankannya, menjadikan bidang ini sangat cocok untuk siapa saja yang menyukai tantangan.


  • Pekerjaan di Keamanan Komputer

Permintaan akan profesional keamanan komputer terus meningkat, dan pekerjaan dalam keamanan komputer tersedia di berbagai industri. Selain itu, ada banyak subbidang yang dapat dijelajahi oleh seseorang yang tertarik dengan pekerjaan di bidang keamanan komputer. Di sini, kita akan membahas beberapa pekerjaan teratas dalam keamanan komputer.


  • Arsitek jaringan komputer

Computer network architects are responsible for designing, building and maintaining computer communication networks for businesses. These networks can range from small systems connecting a company’s infrastructure to massive cloud deployments meant for global enterprises.


While computer network architects focus primarily on deploying network infrastructure, computer and network security are at the forefront of everything they do. Building secure networks ensures that businesses can continue operating safely for years to come.


Job prospects for computer network architects are expected to grow at a rate of 5 percent annually through 2030, according to the BLS.


  • Lindungi Privasi Anda Secara Daring Bagi Pemula #1

Banyak orang memiliki gambaran tentang peretas di kepala mereka dari film dan acara televisi  sosok berkerudung di ruangan gelap mengetik di komputer untuk meretas sistem yang rentan. Kenyataannya sangat berbeda, dengan banyak peretas menggunakan informasi pribadi sebagai titik awal untuk mencuri identitas seseorang atau meretas akun atau komputer mereka. Upaya untuk melindungi privasi Anda secara online merupakan bagian penting dari keamanan komputer dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.


Rekayasa sosial , manipulasi kesalahan manusia untuk mengakses informasi atau sistem yang seharusnya tidak dapat diakses, adalah salah satu cara paling umum yang dilakukan peretas untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi. Membagikan hal-hal seperti nama gadis Anda, alamat, tempat Anda dibesarkan, ulang tahun Anda, atau informasi pribadi lainnya di media sosial dapat memberi peretas informasi yang mereka butuhkan untuk mengatur ulang kata sandi atau masuk ke akun pribadi.


Mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan informasi pribadi sangat penting untuk menghindari dampak negatif dari pencurian identitas, pembajakan akun sosial, dan pencurian keuangan. Beberapa cara Anda dapat melindungi privasi online Anda termasuk


Berbagi lebih sedikit informasi pribadi di media sosial

Menggunakan password yang kuat

Menghindari penggunaan ulang kata sandi antar akun

Menggunakan autentikasi dua faktor jika memungkinkan

Menjelajah dengan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk melindungi data lalu lintas web

Menghapus ekstensi browser dan aplikasi web yang tidak perlu

Meninjau pengaturan privasi untuk akun online dan membatasi data yang tidak perlu

Mengambil langkah-langkah ini dapat membantu melindungi data Anda secara online dan mencegah peretas menggunakan informasi Anda untuk melawan Anda. Mempelajari cara melindungi data pribadi Anda dapat menjadi batu loncatan untuk tertarik pada pekerjaan keamanan komputer, yang menerapkan jenis prinsip yang sama pada skala perusahaan.


  • Pelajari Lebih Lanjut Tentang Keamanan Komputer Untuk Pemula

Keamanan komputer adalah bidang dinamis yang menawarkan kompensasi kompetitif dan pertumbuhan pekerjaan yang positif di tahun-tahun mendatang. Ada banyak cara untuk belajar tentang keamanan komputer, mulai dari program gelar tradisional hingga pembelajaran mandiri dan kamp pelatihan. Kamp pelatihan bisa sangat cocok untuk pelajar dengan sumber daya keuangan terbatas, mereka yang mencari pelatihan dunia nyata dalam waktu singkat, dan pelajar mandiri yang ingin mengambil langkah selanjutnya dalam perjalanan karier mereka.


Berkeley Cybersecurity Boot Camp membantu siswa mempelajari keterampilan sesuai permintaan yang kemudian dapat mereka praktikkan dalam proyek kelompok dunia nyata yang mengisi portofolio profesional mereka. Pelajar mendapatkan pengalaman langsung dalam sistem jaringan, teknologi web, basis data, praktik terbaik keamanan siber, dan banyak lagi. Apakah siswa berharap untuk menerapkan keterampilan baru mereka dalam karir mereka saat ini atau transisi ke yang baru, Berkeley Cybersecurity Boot Camp dapat mendorong pertumbuhan karir dan mengubah lintasan karir menjadi lebih baik. Daftar hari ini untuk memulai perjalanan keamanan komputer Anda!


  • tidak dicentang

    Apa FAQ Keamanan Komputer Langkah-Langkah Bagi Pemula #1

  • Apa itu keamanan siber Pemula #1?

Keamanan dunia maya adalah istilah yang sering kita dengar, tetapi banyak orang masih bertanya-tanya, “Apa itu keamanan dunia maya?”Keamanan dunia maya adalah praktik melindungi perangkat seluler, sistem komputer, dan jaringan dari serangan penjahat dunia maya. Ini melibatkan perlindungan validitas, integritas, dan kerahasiaan informasi organisasi, sumber daya, dan aset lainnya sambil mengelola protokol keamanan perangkat keras juga.


  • Apa itu cybersecurity Pemula #1 ?

Apa perangkat lunak keamanan komputer terbaik?

Apa yang dilakukan virus komputer?

Ringkasan

Keamanan komputer merupakan pertimbangan penting bagi individu dan organisasi. Memahami keamanan komputer dapat membantu menjaga keamanan informasi Anda baik secara online maupun di komputer pribadi Anda.


Bagi mereka yang memiliki pemahaman dan minat yang lebih maju, keamanan komputer dapat berubah menjadi karir yang menggiurkan. Jika Anda tertarik dengan keamanan komputer dan ingin mempelajari lebih lanjut, Berkeley Cybersecurity Boot Camp dapat mengajari Anda keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam berbagai pekerjaan di bidang keamanan komputer. Ambil langkah selanjutnya untuk memulai karir masa depan Anda hari ini!




0 komentar:

Posting Komentar