Jumat, 04 Agustus 2023

Cara Menjadi Pembuat Kode Untuk Langkah langkah Pemula dalam 6 Bulan dari Awal #1 Tanpa Gelar Ilmu Komputer

 

Cara Menjadi Pembuat Kode Untuk Langkah langkah Pemula dalam 6 Bulan dari Awal #1 Tanpa Gelar Ilmu Komputer

Jujur saja # coding Untuk Pemula itu keren. Pemrograman berperan dalam hampir setiap aspek kehidupan modern; pembuat kode berdiri sebagai arsitek dunia digital kita, orang-orang yang memastikan pengalaman online kita berjalan lancar.


Jika Anda berpikir untuk masuk ke pengkodean, Anda mungkin sudah mengetahuinya. Anda mungkin juga tahu bahwa pembuat kode sangat diminati di seluruh negeri dan bersemangat untuk mengambil langkah selanjutnya.


Namun, Anda mungkin tidak yakin tentang cara terbaik untuk membuat lompatan karier jika Anda sudah kuliah, memiliki pekerjaan di bidang lain, atau tidak punya waktu untuk mencari gelar empat tahun konvensional. Namun jangan khawatir  Anda tidak memerlukan gelar untuk menjadi pembuat kode.


Pada artikel ini, kita akan membahas apa yang programmer lakukan, potensi jalur karir dan bagaimana menjadi seorang coder tanpa gelar. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjadi pembuat kode dalam 6 bulan tanpa gelar, termasuk belajar di bootcamp coding , mengejar pendidikan mandiri, dan mengerjakan proyek Anda sendiri.


Baca terus untuk menjelajahi langkah Anda selanjutnya menuju perubahan karier menjadi pengembangan perangkat lunak!


5 Langkah Menjadi Coder dalam 6 Bulan Tanpa Gelar

Berapa lama untuk menjadi pembuat kode? Itu tidak memerlukan persiapan bertahun-tahun; jika Anda membuat rencana yang tepat dan mengikutinya, prosesnya bisa memakan waktu paling sedikit enam bulan .


Pada akhirnya, garis waktu spesifik yang Anda pilih terserah Anda  Anda dapat membuat rencana transisi selama setahun atau memilih jadwal tiga bulan yang lebih singkat.


Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa langkah yang harus Anda ikuti saat Anda melakukan transisi ke pengembangan web atau karier pengembangan perangkat lunak.


1. Jelajahi Sumber Daya Online dan Pelajari Lebih Lanjut

Secara umum, bagaimana Anda memulai perjalanan karier Anda akan bergantung pada tingkat pengalaman dan minat khusus Anda. Mereka yang sudah mengetahui dasar-dasar pengkodean mungkin merasa nyaman untuk langsung masuk ke kelas formal. Namun, para penghobi atau pemula mungkin lebih suka meluangkan waktu menjelajahi beberapa dasar pengkodean online.


Salah satu langkah pertama yang dapat Anda ambil saat merencanakan perubahan karier adalah memanfaatkan sumber daya pengkodean online gratis . Sumber daring yang tak terhitung jumlahnya memberikan nasihat karier yang berharga, peluang tuan rumah untuk pembelajaran berbasis proyek, dan menawarkan wawasan tambahan tentang landasan teoretis ilmu komputer.


Tidak yakin harus mulai dari mana? Anda dapat menjelajahi situs seperti w3schools untuk mendapatkan sumber belajar gratis untuk membantu Anda memahami dasar-dasar pengkodean.


Klarifikasi cepat  situs sumber daya ini tidak dirancang untuk memfasilitasi perubahan karier yang cepat. Namun, mereka dapat memberi Anda pelajaran dan latihan pengkodean yang berharga yang berkaitan dengan bahasa dasar seperti HTML, CSS, dan JavaScript.


2. Lanjutkan Pendidikan Anda Dengan Coding Bootcamp

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menjadi pembuat kode dalam tiga hingga enam bulan dan tidak memiliki pengalaman pengkodean, pengembangan web, atau rekayasa perangkat lunak, Anda pasti ingin mendaftar di bootcamp pengkodean .


Kamp pelatihan pengkodean adalah program intensif yang membantu siswa membangun pengetahuan dasar dalam teknologi inti. Tidak seperti program ilmu komputer universitas, bootcamp dirancang dengan penekanan kuat pada keterampilan praktis dan pengalaman langsung yang dicari pemberi kerja saat merekrut untuk posisi terbuka.


Keterampilan yang diajarkan di bootcamp dapat mencakup tetapi tidak terbatas pada:


  1. HTML

  2. CSS

  3. JavaScript

  4. jQuery

  5. MySQL

  6. MongoDB

  7. Piton

  8. Jawa

  9. C#

Program ini juga menawarkan fleksibilitas; Anda dapat menghadiri bootcamp pengkodean online virtual dengan jadwal penuh waktu atau paruh waktu, bergantung pada tanggung jawab dan ketersediaan Anda yang lain. Banyak bootcamp pengkodean dapat diselesaikan dalam tiga bulan (penuh waktu) atau enam bulan (paruh waktu).


Bootcamp bukanlah program belajar mandiri; bahkan jika Anda menghadiri bootcamp online, Anda akan menerima pelatihan, pendidikan, dan interaksi individual dari instruktur Anda, sama seperti jika Anda menghadiri bootcamp pengkodean secara langsung. Sebagai pendaftar, Anda akan terlibat dalam studi yang terfokus dan bertanggung jawab, memperoleh kemahiran dalam berbagai bahasa pengkodean populer dan mengerjakan proyek individu dan kelompok yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai inti dari portofolio Anda.


Pada akhir bootcamp, Anda akan memiliki tingkat kenyamanan, keakraban, dan pengetahuan tentang pengkodean yang akan memberdayakan Anda untuk mulai bekerja sejak hari pertama Anda bekerja.


Pengusaha juga tahu ini. Salah satu hal hebat tentang pengkodean adalah bahwa profesi ini menyambut baik pembuat kode berbakat dari segala usia dan latar belakang karier. Sertifikat bootcamp membuktikan bahwa seorang kandidat memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan, bekerja dengan baik di bawah garis waktu yang ketat, dan bersedia memberikan segalanya untuk penugasan.


Data mendukung hal ini: menurut survei terbaru dari HackerRank (PDF, 2.4MB) , 39,2 persen manajer perekrutan yang disurvei percaya bahwa lulusan bootcamp sama berkualitasnya dengan rekan mereka yang berpendidikan konvensional, dan 33 persen mengatakan bahwa pelajar bootcamp lebih berkualitas.


3. Pertimbangkan Spesialisasi dan Fokus Anda

Saat Anda memperluas pengetahuan Anda tentang pengkodean, Anda mungkin ingin memikirkan programmer seperti apa yang Anda inginkan. Jika Anda tahu bagaimana Anda ingin menerapkan keterampilan pengkodean Anda secara profesional, Anda dapat mencari kursus , magang, dan proyek yang sesuai dengan minat Anda. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Anda perlu memilih spesialisasi - jika Anda tidak yakin, jalur studi yang lebih umum dapat membantu Anda mengetahui apa yang ingin Anda lakukan di masa depan.


Secara umum, pemrogram dapat memilih salah satu dari tiga jalur karier: front end, back end, dan full stack. Berikut ini ikhtisar singkat:


Pengembang Ujung Depan: Para profesional ini berfokus pada sisi klien situs web  bagian yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengunjung. Pemrogram ujung depan terutama berfokus pada merancang dan membangun estetika dan struktur situs.

Pengembang Back End: Pembuat kode ini bertanggung jawab atas sisi server , atau ujung belakang, situs web dan aplikasi. Pekerjaan mereka memastikan bahwa situs web berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengembang Tumpukan Penuh: Seperti namanya, pengembang tumpukan penuh bertanggung jawab atas "tumpukan penuh" teknologi pengembangan; mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan front dan back end.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan spesialisasi dan fokus Anda saat memperluas pengetahuan Anda tentang pengkodean.


Hampir setiap pembuat kode memiliki semacam spesialisasi; menurut Stack Overflow's 2020 Developer Report , 55,2 persen pengembang yang disurvei mengidentifikasi sebagai profesional back end, 37,1 persen sebagai front end, dan 54,9 persen sebagai full stack.


Pikirkan tentang jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang ingin Anda miliki! Jika Anda tidak yakin ke arah mana Anda ingin pergi, Anda dapat mendaftar di bootcamp tumpukan penuh. Alternatifnya, Anda dapat mencari program yang secara khusus menekankan keterampilan front atau back end.


4. Cari Magang Teknologi dan Pengalaman Praktis

Anda mungkin ingin mempertimbangkan magang teknologi paruh waktu untuk melatih beberapa keterampilan coding yang Anda pelajari di bootcamp. Lagi pula, magang dapat memberi Anda pengalaman nyata dengan pemberi kerja dan referensi yang sangat baik untuk dibawa ke pekerjaan Anda berikutnya.


Jika Anda peduli dengan tujuan atau gerakan, pertimbangkan untuk menyumbangkan keterampilan Anda ke organisasi nirlaba yang Anda dukung, baik melalui program magang atau pengaturan sukarela lainnya. Anda akan dapat menambahkan pekerjaan mandiri dan sukses ke dalam portofolio Anda dan menumpuk referensi positif lainnya untuk pemberi kerja di masa depan saat Anda memberikan dukungan yang berarti untuk tujuan yang Anda sayangi.


Sumber daya tambahan:


Cara Mendapatkan Magang Pemrograman  Chron

Donasi:Kode  Donasi:Kode

Mengapa Sukarelawan untuk Kode untuk Kesenangan?  Kode untuk Kesenangan

5. Bangun Situs Web dan Proyek Anda Sendiri

Jika Anda ingin memulai karir dalam pengembangan web, pertimbangkan untuk memulai dengan membangun situs web. Saat ini, portofolio online tingkat lanjut adalah komponen penting dari resume teknologi yang kuat saat Anda mencari karier baru dalam pengkodean. Dengan situs web portofolio, Anda akan dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda memahami teknologi yang diperlukan untuk mengembangkan situs dan menunjukkan kemampuan teknis Anda yang lain melalui proyek terkait.


Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk terlibat dalam komunitas pengembangan sumber terbuka. Ini memungkinkan Anda untuk berkontribusi pada proyek-proyek penting, memperluas pengetahuan Anda  terutama dalam bahasa pemrograman dan skrip yang banyak digunakan — dan membuat koneksi yang sangat baik di lapangan.


Jangan takut untuk membangun jaringan; beri tahu orang-orang di lingkaran profesional Anda saat Anda mencari pekerjaan, dan pertimbangkan untuk bergabung dalam acara jejaring online dan tatap muka untuk membuat lebih banyak kontak industri.


Sumber daya tambahan:


Cara Membangun Situs Web Portofolio Menakjubkan sebagai Pengembang Web SitePoint

43 Tips Resume yang Akan Membantu Anda Dipekerjakan  The Muse

17 Tip Berjejaring untuk Membantu Meningkatkan Karir Anda  Ellevest

Apa yang Dilakukan Pembuat Kode (dan Keterampilan Apa yang Dibutuhkan)?

Pembuat kode adalah profesional teknologi yang menggunakan keterampilan pemrograman mereka untuk merancang, membuat, dan mengelola aplikasi dan situs web. Sebagai pembuat kode, peluang profesional Anda hampir tidak terbatas  penerapan dan nilai yang dimiliki oleh keterampilan pengkodean di dunia maju teknologi kita berarti Anda dapat bekerja untuk perusahaan Fortune 500 atau perusahaan rintisan kecil di hampir semua industri.


Tapi apa kemampuan pengkodean itu? Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa keterampilan teknis dan lunak yang harus dimiliki developer baru untuk membangun karier yang sukses.


Memahami Bahasa Pemrograman

Seperti disebutkan sebelumnya, bahasa pemrograman yang perlu Anda prioritaskan akan bergantung pada jalur karier yang Anda pilih; namun, ada beberapa bahasa inti dan teknologi yang harus diketahui oleh semua pemrogram baru sebelum memasuki kumpulan pekerjaan. Ini dapat termasuk tetapi tidak terbatas pada:


  1. HTML

  2. CSS

  3. JavaScript

  4. Piton

  5. PHP

  6. SQL

  7. NoSQL

Apakah ini terlihat seperti banyak? Jangan khawatir — meskipun mempelajari keterampilan baru membutuhkan usaha, tugas tersebut biasanya akan semakin mudah seiring berjalannya waktu. Setelah Anda memahami struktur pemrograman, akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa lain di masa mendatang.


Kenali Datanya

Data penting bagi bisnis dari semua ukuran dan spesialisasi; akses cepat ke data seperti informasi pelanggan dan inventaris sangat penting bahkan untuk perusahaan yang melakukan pekerjaan penjualan dasar atau tugas layanan. Memahami cara berinteraksi dan memanipulasi data serta menggunakan teknologi basis data seperti MySQL, Spark, Python, atau R dapat menjadikan Anda pilihan yang menarik bagi pemberi kerja.


Menjadi Akrab Dengan Pengujian

Pengujian dan kontrol kualitas adalah kata-kata penting yang harus diingat sebagai seorang programmer. Saat Anda berpartisipasi dalam lingkungan pengkodean dengan pengembang lain, Anda ingin dikenal karena kode yang bagus dan bersih yang melakukan apa yang seharusnya dilakukan  bukan kode yang meninggalkan bug untuk diperbaiki orang lain.


Mengenal metode pengujian seperti pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian sistem dapat membantu Anda mempelajari cara bekerja secara produktif di lingkungan pengembangan.


Fleksibilitas Penting

Industri teknologi terus berubah, dengan bahasa dan tren baru terus muncul di lapangan. Fleksibilitas, yang dapat membantu Anda dengan baik di hampir semua karier, sangat penting bagi pembuat kode.


Bahkan jika Anda memilih untuk berspesialisasi, Anda harus tetap terbuka untuk mempelajari pendekatan, bahasa, dan keterampilan baru. Bersedia mencoba sistem operasi baru atau menjelajahi bahasa baru dapat membuat perbedaan besar dalam karier pengkodean Anda.


Lagi pula, pengembang tidak pernah benar-benar "selesai" dengan pendidikan mereka. Menurut Laporan Pengembang 2020 Stack Overflow , 75 persen pengembang yang disurvei belajar setidaknya satu bahasa per tahun. Pembuat kode harus terus mengasah keahlian mereka agar tetap dapat dipasarkan!


Jadilah Pemecah Masalah

Ketika Anda menjadi pembuat kode, Anda ingin membantu atasan Anda memecahkan masalah dan membuat hidup lebih mudah dan lebih mudah diatur untuk pengguna akhir dan klien Anda. Pekerjaan seorang pembuat kode terikat erat untuk menjadi pemecah masalah yang logis. Anda perlu mendekati masalah secara rasional, mengembangkan solusi yang masuk akal, dan melaksanakannya dengan baik  baik dalam pengaturan tim maupun individu.


Menjaga Keamanan dalam Pikiran

Salah satu bidang yang paling berkembang pesat dalam industri teknologi adalah keamanan siber; enkripsi dan keamanan menjadi perhatian utama bagi bisnis di industri mulai dari pemerintahan hingga keuangan dan kesehatan. Saat menulis kode, selalu ingat autentikasi dan praktik keamanan yang baik lainnya.


Dengan memoles keterampilan dan pendekatan yang mengutamakan keamanan, Anda akan ditempatkan dengan baik untuk menjelajahi berbagai jalur menuju kesuksesan pengkodean.


Jalur Karir untuk Coders dan Persyaratannya

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menjadi pembuat kode tanpa pengalaman sebelumnya, Anda juga harus memikirkan bagaimana Anda ingin menerapkan keahlian Anda. Jika Anda ingin bekerja secara langsung untuk raksasa teknologi, meluncurkan karier lepas, bekerja di toko pengembangan web, atau membawa keterampilan teknologi Anda ke industri lain dan menjadi pengembang perangkat lunak , ada beberapa poin karier utama yang perlu diingat di setiap pekerjaan pengkodean .


Pengembang Muda

Pengembangan web adalah salah satu aspek industri teknologi yang paling populer dan berkembang  dan sesuatu yang dibutuhkan hampir semua bisnis. Saat pertama kali lulus dari bootcamp, Anda mungkin mendapatkan pekerjaan sebagai pengembang junior.


Pengembang junior membantu dalam membuat situs web, menggunakan bahasa skrip dan bekerja dengan tim sesama desainer untuk merancang, membuat kode, dan memelihara situs web. Sebagai pengembang junior, Anda akan mengonversi konten, menulis kode skrip, menguji dan memelihara kode, serta mengawasi keamanan.


Pengembang senior Bafi Pemula

Manfaat lain dari bidang teknologi adalah mobilitas ke atas yang luar biasa yang dapat diberikannya untuk pembuat kode yang terampil.


Meskipun Anda mungkin mulai sebagai pengembang web junior, Anda dapat naik tangga karier saat Anda memperoleh lebih banyak keterampilan dan pengalaman. Paparan di tempat kerja dapat memberi Anda pengetahuan dan keterampilan pengkodean yang Anda butuhkan untuk menangani arsitektur, kinerja, dan keamanan situs web secara keseluruhan. Kode Anda akan menjadi lebih ketat, lebih tajam, dan lebih aman saat Anda tumbuh dalam pengalaman dan keterampilan.


Dengan kata lain, Anda akan berada di posisi yang tepat untuk peran sebagai pengembang senior .


Seperti pengembang junior, senior sering ditugaskan untuk menangani tugas pengkodean - meskipun tugas mereka mungkin lebih maju daripada yang dilakukan oleh profesional yang kurang berpengalaman. Pengembang senior juga meninjau keakuratan dan fungsionalitas pekerjaan pengembang junior, membuat dan mengimplementasikan rencana desain, dan mendelegasikan tugas pengkodean.


Pengelolaan

Jika Anda membedakan diri Anda sebagai pengembang senior dan menunjukkan bakat kepemimpinan, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk naik ke posisi manajemen . Peran ini cenderung kurang fokus pada tugas pengkodean teknis dan lebih pada mendukung tim pemrograman, memandu upaya departemen, dan berkomunikasi dengan pemimpin bisnis non-teknis.


Cara Menjadi Pembuat Kode Teratas di Bidang Anda

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana menjadi pembuat kode teratas di bidang pekerjaan Anda. Lagi pula, Anda tidak hanya puas membuat kode secara profesional untuk mencari nafkah; Anda ingin membuat tanda nyata di lapangan.


Pengalaman adalah kuncinya. Saat Anda maju dalam karir Anda, Anda harus menjelajahi bidang pengetahuan baru, pastikan Anda mempelajari bahasa pemrograman yang sedang berkembang dan diminati dan mengasah keterampilan Anda yang ada.


Ada banyak komunitas tempat pembuat kode berkumpul untuk membangun perangkat lunak yang lebih baik dan lebih kuat. Penggemar game dapat membuat kode video game inovatif bersama-sama; selain itu, beberapa proyek web terpenting, seperti Drupal dan WordPress (PDF, 250KB) , didasarkan pada kode sumber terbuka dan mengandalkan komunitas besar pengembang yang berkontribusi.


Kadang-kadang, grup ini bahkan menyelenggarakan konvensi dan acara yang menawarkan peluang besar bagi pembuat kode dari semua tingkatan untuk menjalin jaringan dan meningkatkan keterampilan mereka. Lakukan penelitian dan cari tahu bagaimana Anda dapat berpartisipasi!


Prospek Pekerjaan Coding di California dan AS

Saat Anda merencanakan masa depan, penting untuk memahami prospek pekerjaan Anda. Lagi pula, pengkodean adalah karier yang sangat menarik (setidaknya sebagian) karena statistik menunjukkan bahwa itu diminati dan terus berkembang, dengan prospek yang sangat baik untuk pengembang yang sedang naik daun.


Tidak diragukan lagi bahwa prospek pekerjaan untuk pengembang web sangat bagus. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, jumlah pekerjaan yang tersedia untuk pengembang web diperkirakan akan tumbuh sebesar 8 persen antara 2019 dan 2029. Pandemi COVID telah memicu kekhawatiran tentang ekonomi, tetapi pengembangan web adalah salah satu bidang yang terus berkembang, karena pemrogram dapat menyelesaikan pekerjaan dari mana saja.


Karier pengkodean dapat memberikan gaji yang baik, meskipun gaji dapat bervariasi dari satu wilayah geografis ke wilayah lainnya , tergantung pada faktor-faktor seperti pengalaman, keterampilan, dan biaya hidup regional. Seseorang yang tinggal di Lembah Silikon, yang dikenal karena keunggulan nasionalnya sebagai pusat teknologi dan biaya hidup yang relatif tinggi, mungkin menerima gaji yang lebih tinggi daripada seseorang yang tinggal di kota pedesaan yang lebih murah di, katakanlah, Nebraska.


Namun, variasi geografis ini juga dapat mulai mendatar dari waktu ke waktu, terutama karena semakin banyak pekerja yang dapat melakukan pekerjaan mereka dari jarak jauh. Karena karyawan pindah dari daerah berbiaya tinggi, pemberi kerja mungkin tidak membayar gaji yang sama seperti di daerah di mana biaya hidup sangat tinggi. Perubahan sedang terjadi di dunia kerja karena pekerjaan jarak jauh dan pandemi COVID, tetapi industri teknologi dan pekerjaan pengkodean secara keseluruhan berada di posisi yang tepat untuk kesuksesan masa depan di mana pun di negara ini .


Catatan Akhir tentang Belajar Kode Pemula #1

Jika Anda ingin mempelajari cara menjadi pembuat kode tanpa gelar, ada banyak peluang untuk belajar yang tersedia, dan Anda dapat mencapai tujuan Anda dalam jangka waktu yang relatif cepat.


Bootcamp pengkodean dapat memberi Anda dasar-dasar yang kuat dan latar belakang pendidikan yang Anda butuhkan untuk bergerak cepat menuju kesuksesan di bidang baru Anda, tanpa gelar di bidang ilmu komputer. Dengan mengejar hasrat Anda dan menjelajahi peluang pendidikan Anda, Anda dapat membuka pintu menuju perubahan karier dan kesuksesan baru sebagai seorang profesional pengkodean. Mulailah hari ini dengan melihat Berkeley Coding Boot Camp !


Studi yang sama juga menemukan bahwa mayoritas manajer perekrutan percaya bahwa lulusan bootcamp unggul karena mereka mempelajari teknologi dan bahasa baru dengan cepat (71 persen), memiliki pengalaman praktis yang kuat (61 persen), dan bersemangat untuk mengambil tanggung jawab baru (52 persen).



Langkah-Langkah Bagi Pemula

0 komentar:

Posting Komentar