Sabtu, 05 Agustus 2023

Bagaimana Menjadi Pengembang Perangkat Lunak Bagi Pemula #1

 

Bagaimana Menjadi Pengembang Perangkat Lunak

Jika Anda penasaran Pemula ingin menjadi pengembang perangkat lunak, kemungkinan besar Anda adalah orang yang tepat. Mengetahui bahwa sesuatu berhasil tidak pernah cukup bagi Anda. Alih-alih, Anda ingin mengintip ke balik tirai atau membuka tudung untuk melihat mengapa semua roda penggerak pepatah cocok seperti yang mereka lakukan.


Keingintahuan dan tekad untuk membuat proyek berhasil inilah yang mendorong pengembang perangkat lunak di semua industri untuk membuat program dan situs web yang rumit, fungsional, dan menarik secara estetika. Tetapi jika Anda ingin menerapkan hasrat Anda tentang mengapa pada profesi khusus ini, Anda harus mengalihkan perhatian Anda ke pertanyaan lain: bagaimana.


5 Langkah Menjadi Pengembang Perangkat Lunak:


Putuskan Bahasa yang Akan Dipelajari

Dapatkan Pelatihan yang Diperlukan

Berlatih Sendiri

Buat Koneksi

  • Mulai Berburu Pekerjaan dan Bersiaplah untuk Wawancara

Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah ini  dan cara terbaik untuk mempelajari pengembangan perangkat lunak. Anda juga akan belajar bagaimana Anda dapat memanfaatkan keingintahuan bawaan Anda untuk membangun karir yang sangat bermanfaat di lapangan.


  • Tapi pertama-tama, mari kita mulai dengan memahami apa sebenarnya software developer itu.


Apa itu Pengembang Perangkat Lunak?

Jika Anda pernah bermain video game, menonton film, membuka aplikasi, atau bahkan menjelajahi web  yang, mengingat Anda membaca artikel ini secara online, Anda pernah  Anda telah mengalami pekerjaan pengembang perangkat lunak secara langsung.


Sementara pengembang perangkat lunak dapat bekerja di berbagai industri dan berbagai proyek, tujuan utama mereka selalu sama: merancang perangkat lunak atau aplikasi digital yang memberdayakan pengguna untuk menyelesaikan tugas tertentu.


Pikirkan seperti ini: Pengembang yang membuat platform media sosial favorit Anda, misalnya, mencapai tujuan ini dengan menulis kode yang memungkinkan Anda berbagi, memposting, dan berkomentar dalam beberapa ketukan di ponsel cerdas Anda.


Konon, pengembang perangkat lunak tidak hanya bertugas membuat aplikasi baru. Profesional di lapangan mungkin :


  • Menilai dan meningkatkan sistem komputer

  • Melakukan pemeliharaan terhadap program-program yang ada

  • Buat kode untuk pembaruan dan tambalan

  • Mengembangkan manual operasional

  • Berkolaborasi dalam tim untuk mengidentifikasi peluang peningkatan produk

  • Membuat laporan kemajuan

  • Ingatlah bahwa daftar ini sama sekali tidak lengkap! Tanggung jawab sebenarnya yang diambil oleh pengembang perangkat lunak akan sangat bergantung pada kebutuhan dan fokus bisnis pemberi kerja mereka.


Bagaimanapun, mereka yang masuk ke pengembangan perangkat lunak cenderung mengembangkan keterampilan mereka di berbagai spesialisasi. Seperti yang disimpulkan oleh salah satu peneliti untuk Slash Data dalam laporan tahun 2018, “Pengembang mungkin terlibat dalam berbagai sektor secara profesional atau, paling umum, di beberapa sektor secara profesional dan beberapa lagi sebagai penghobi, mengerjakan proyek sampingan, atau sebagai pelajar. Rata-rata, pengembang terlibat dalam hampir lima sektor secara bersamaan.”


Laporan yang sama menyimpulkan bahwa dari sektor tersebut, yang paling populer adalah pengembangan aplikasi web, yang mencakup 16,9 juta pengembang aktif secara global. Bidang populer lainnya termasuk layanan back end (13,6 juta), aplikasi seluler (13,1 juta), pembelajaran mesin dan AI (12,2 juta) dan IoT (9,3 juta).


Apa pun bidang keahlian yang Anda pilih untuk dikejar, Anda dapat bertaruh pada karier yang memuaskan. US News Money saat ini menempatkan pengembangan perangkat lunak sebagai #1 di tiga daftar : 100 Pekerjaan Terbaik, Pekerjaan STEM Terbaik, dan Pekerjaan Teknologi Terbaik. Kariernya juga mendapatkan peringkat 8/10 untuk gaji, prospek pasar kerja, pertumbuhan masa depan, dan keseimbangan kehidupan kerja.


Ini juga bidang pekerjaan yang aman. Biro Statistik Tenaga Kerja AS memproyeksikan bahwa jumlah daftar pekerjaan pengembangan perangkat lunak akan tumbuh 21 persen dari 2018 hingga 2028, lebih dari empat kali lipat rata-rata pertumbuhan 5 persen yang diantisipasi untuk semua profesi lainnya.


Apa yang tidak dihargai dari pekerjaan itu? Prospeknya sangat bagus, dan peluang untuk berkembang sangat jelas  tetapi sebelum Anda dapat memanfaatkan keduanya, Anda perlu mempelajari keterampilan yang relevan dan memulai. Dengan pemikiran ini, mari kita lihat bagaimana menjadi pengembang perangkat lunak.


5 Langkah Menjadi Pengembang Perangkat Lunak

1. Pertama, Tentukan Bahasa yang Akan Dipelajari

Meskipun calon pengembang perangkat lunak tidak perlu tahu persis apa yang ingin mereka lakukan, mereka harus memiliki gambaran umum tentang arah mereka sebelum memulai pelatihan. Jalur karir yang Anda inginkan akan menentukan bahasa dan keterampilan mana yang paling perlu Anda kembangkan.


Secara umum, Anda dapat memisahkan jalur pembelajaran Anda menjadi tiga "jalan" utama: front end, back end, dan full stack development. Berikut ini ikhtisar singkat dari masing-masing:


Front End Development : Area pengembangan ini terutama berkaitan dengan aspek yang dihadapi klien dari suatu produk atau situs web. Mereka berurusan dengan tata letak dan desain, memastikan bahwa suatu produk berfungsi dan informasi apa pun yang ditampilkannya dapat dibaca dan diakses.

Pengembangan Back End: Seperti yang Anda duga dari namanya, pengembangan back end mempertimbangkan semua aspek sisi server yang tidak dilihat oleh rata-rata pengguna. Pengembang back end menulis kode dan membuat database yang memungkinkan program berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengembangan Tumpukan Penuh: Pengembang tumpukan penuh dapat melakukan semuanya. Para profesional multi talenta ini dapat membuat kode program dari bawah ke atas dan menangani tantangan depan dan belakang dengan mudah. Yang mengatakan, begitu banyak yang masuk ke dalam pekerjaan pengembangan modern yang sebagian besar profesional memilih untuk berspesialisasi dalam satu "sisi" dari proses; pengembang yang dapat menavigasi keduanya cenderung langka dan berharga.

Di bawah ini, kami telah menyoroti beberapa bahasa yang perlu Anda perhatikan saat mempelajari cara menjadi pengembang perangkat lunak. Perlu diingat bahwa mereka yang tertarik dengan jalur karir tumpukan penuh perlu memoles keterampilan di kedua daftar!


Pengembangan Ujung Depan

HTML: HyperText Markup Language (HTML) adalah bahasa skrip yang mendefinisikan halaman web menggunakan teks biasa . Karena setiap halaman web yang Anda kunjungi adalah file HTML individual, setiap situs web mencakup kumpulan beberapa file. File-file ini menggunakan serangkaian kata kunci yang disebut tag HTML, yang dapat digunakan untuk menyusun setiap halaman web dengan teks, foto, video, dan lainnya.

CSS:  Cascading Style Sheets (CSS) digunakan bersamaan dengan skrip HTML untuk membangun estetika situs web. Lembar gaya ini menentukan ukuran, posisi, dan warna teks. Selain itu, karena berjenjang, menerapkan gaya yang diberikan ke elemen induk (mis., warna teks) akan memastikan bahwa tema yang dipilih tetap konsisten di seluruh halaman, menghilangkan kebutuhan pengkodean sedikit demi sedikit.

JavaScript:  JavaScript adalah bahasa pemrograman yang memberdayakan pengembang ujung depan untuk menambahkan dinamisme ke desain situs web mereka dan biasanya digunakan bersama dengan HTML dan CSS. Dengan JavaScript, pengembang dapat membuat alat interaktif, animasi, dan fitur pengguliran. Setiap kali fitur halaman bergerak, berubah, atau dinamis, Anda dapat bertaruh bahwa JavaScript mungkin terlibat.

jQuery:  jQuery adalah pustaka JavaScript ringan yang dirancang khusus dengan maksud untuk memudahkan penggunaan JavaScript. Ini mengotomatiskan beberapa tugas umum dan biasanya intensif kode dengan meringkasnya menjadi metode yang dapat Anda terapkan dengan potongan kecil kode. jQuery juga berguna untuk manipulasi DOM — misalnya, mengubah struktur logis dan representasi berorientasi objek dari sebuah situs web.

AJAX:  JavaScript dan XML (AJAX) yang sinkron bukanlah alat atau bahasa, melainkan seperangkat teknik pengembangan yang memungkinkan perekayasa perangkat lunak untuk mengirim dan menerima data antara database dan server tanpa mengganggu pengalaman pengguna. Kemampuan ini memberikan manfaat kegunaan yang luar biasa tanpa gangguan pemuatan apa pun.

Pengembangan Ujung Belakang

Python : Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan dapat digunakan dalam pemrograman back end saat ini. Mudah digunakan dan sangat cocok untuk tugas pengembangan perangkat lunak yang kompleks, tantangan analisis data, dan manajemen infrastruktur. Seperti yang dijelaskan oleh seorang penulis untuk InfoWorld , Python "bukan lagi bahasa utilitas ruang belakang, tetapi kekuatan utama dalam pembuatan aplikasi web dan manajemen sistem, dan pendorong utama ledakan dalam analitik data besar dan kecerdasan mesin."

Django :  Django adalah kerangka kerja web Python serbaguna dan komprehensif yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi dan program baru tanpa, seperti yang dijelaskan oleh salah satu pengembang di Mozilla, "perlu menemukan kembali roda." Kerangka kerja sumber terbuka ini memberikan banyak dukungan berbayar dan gratis, menawarkan banyak dokumentasi, dan mempertahankan komunitas pengembang yang ramai.

SQL/NoSQL: Jika Anda berniat menjadikannya sebagai pengembang back-end, Anda harus memiliki lebih dari sekadar pemahaman sekilas tentang database relasional dan non-relasional, serta cara mengaksesnya.

Structured Query Language , bahasa sehari-hari dikenal sebagai SQL, dikembangkan pada tahun 1970-an sebagai sarana untuk kueri dan mengedit data dalam database relasional — yaitu, yang mengatur titik data menurut hubungan yang telah ditentukan sebelumnya. Hari ini, SQL berdiri sebagai bahasa standar industri untuk berkomunikasi dengan database tersebut.


NoSQL , sebaliknya, adalah istilah yang mengacu pada database yang "bukan SQL", dan karena itu tidak mematuhi logika relasional. Mereka dapat diatur dalam berbagai cara, tergantung pada kebutuhan data yang diberikan proyek. Basis data NoSQL cenderung fleksibel dan dapat diskalakan dengan cepat untuk mengakomodasi beban data yang sangat besar dan lalu lintas pengguna yang tinggi.


Node.js:  Node adalah lingkungan runtime sumber terbuka dan mudah digunakan yang memungkinkan pengembang untuk membuat program dan alat sisi server non-web dengan JavaScript. Node nyaman, karena berjalan di berbagai sistem (macOS, Windows, Linux, dll.) dan memiliki komunitas pengembang yang berkembang dan mendukung.

2. Dapatkan Pelatihan yang Diperlukan

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran umum tentang jalur karir pengembangan perangkat lunak pilihan Anda dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalaninya, Anda perlu mulai memikirkan langkah selanjutnya  yaitu, bagaimana Anda berencana memperoleh keterampilan agar dapat bersaing di dunia kerja.


Tidak masalah seberapa berbakat atau pintarnya Anda; jika Anda tidak memiliki pelatihan apa pun, hanya sedikit pemberi kerja yang akan menelepon Anda untuk wawancara.


Tapi, apa cara terbaik untuk mempelajari pengembangan perangkat lunak, tepatnya?


Syukurlah, ada berbagai pilihan pendidikan yang tersedia bagi pelajar saat ini, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kami akan membahasnya sebentar lagi  tetapi sebelum melakukannya, kami sarankan Anda meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan tentang apa yang Anda, secara individu, inginkan dari pendidikan Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:


Berapa banyak waktu yang tersedia untuk saya dedikasikan untuk peningkatan keterampilan? Bisakah saya mengakomodasi jadwal penuh waktu, atau apakah saya memerlukan program paruh waktu?

Apa garis waktu pilihan saya?

Berapa banyak uang yang telah saya anggarkan untuk pendidikan saya?

Pelajar macam apa saya ini? Apakah saya membutuhkan banyak dukungan langsung, atau apakah saya lebih suka belajar secara mandiri?

Apakah saya menyukai lingkungan kelas, atau apakah saya lebih menyukai fleksibilitas kursus online?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang pengalaman pendidikan yang sesuai dengan Anda, jadwal Anda, dan sumber daya yang tersedia.


Mari selami beberapa opsi.


  • Kampus

Gelar empat tahun adalah salah satu cara paling konvensional untuk mengumpulkan keterampilan yang diperlukan untuk berkarir dalam pengembangan perangkat lunak. Mereka yang memilih untuk menerima pelatihan mereka melalui gelar sarjana menerima pelatihan teoretis dan praktis yang komprehensif selama beberapa tahun studi penuh waktu.


Sebagian besar calon pengembang perangkat lunak tertarik pada jurusan yang sesuai dengan intuisi, seperti rekayasa perangkat lunak atau ilmu komputer.


Dalam Studi Stack Overflow 2020 yang meninjau latar belakang pendidikan para profesional pengembangan, para peneliti menemukan bahwa 62,6 persen responden dengan gelar sarjana mengambil jurusan ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak. Tambahan 17,2 persen mengambil jurusan disiplin teknik lain.


Yang mengatakan, para peneliti juga mencatat bahwa “Ada berbagai jalur akademik untuk menjadi insinyur perangkat lunak profesional [...] Yang cukup menarik, hampir 10% responden memiliki gelar terkait bisnis atau gelar di bidang humaniora, ilmu sosial, atau bidang studi seni rupa.”


Statistik ini menunjukkan bahwa Anda dapat berhasil dalam rekayasa perangkat lunak bahkan jika Anda tidak lulus dengan jurusan yang sesuai dengan profesi pilihan Anda. Yang mengatakan, jika Anda tidak mempelajari rekayasa perangkat lunak secara khusus, Anda mungkin perlu mendaftar di beberapa kursus tambahan untuk mempelajari keterampilan teknis dan bahasa yang diperlukan untuk karir yang Anda inginkan.


  • Pembelajaran Mandiri

Jika Anda menyukai pembelajaran mandiri dan lebih memilih rute pendidikan dengan anggaran rendah dan fleksibel waktu, sebaiknya Anda menjelajahi banyak tutorial online, kelas, dan buku yang tersedia untuk pelajar yang rajin saat ini.


Kami telah menyertakan beberapa contoh di setiap kategori di bawah ini untuk membantu Anda memulai perjalanan belajar Anda. Namun, sebelum Anda berangkat, ada baiknya mengukur apakah pembelajaran mandiri tepat untuk Anda. Rute mandiri adalah yang terbaik bagi mereka yang memiliki motivasi diri tinggi dan dapat menahan diri untuk tugas mengembangkan dan mengikuti kurikulum mandiri. Mereka yang dapat melakukannya menikmati fleksibilitas yang luar biasa dan dapat memperoleh keterampilan profesional mereka dengan harga yang sangat rendah.


Namun, jika Anda merasa kesulitan untuk menggabungkan berbagai tutorial ke dalam kurikulum yang kohesif atau melewatkan pelajaran, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kursus tatap muka atau yang dipimpin instruktur yang menawarkan lebih banyak dukungan langsung.


Juga, perlu diingat bahwa meskipun sumber daya gratis dan berbayar berlimpah di Internet, tidak semuanya tertata dengan baik atau berkualitas tinggi. Pastikan untuk memeriksa kelas dan tutorial mandiri Anda secara menyeluruh sebelum Anda mendedikasikan waktu, energi, dan sumber daya Anda untuk menyelesaikannya.


  • Tertarik dengan jalur mandiri? Lihat sumber daya ini.


Buku:

Kode Lengkap: Buku Pegangan Praktis Konstruksi Perangkat Lunak - Steve McConnell

Programmer Pragmatis  David Thomas dan Andrew Hunt

Memecahkan Kode Wawancara: 189 Pertanyaan & Solusi Pemrograman - Gayle Laakmann McDowell

Platform Pembelajaran Online:

Freecodecamp  Platform pembelajaran gratis yang menyediakan banyak tutorial yang mudah diikuti dan mempertahankan komunitas pemrogram yang terus berkembang.

Khan Academy  Salah satu platform pembelajaran online bagi mereka yang tertarik dengan matematika dan pemrograman. Khan Academy memiliki kursus terstruktur yang tersedia bagi mereka yang tertarik mempelajari dasar-dasar pemrograman.

Udemy  Platform online yang menawarkan kursus berbayar dan gratis untuk calon pembuat kode, analis data, dan profesional ahli teknologi lainnya. Platform ini membedakan dirinya dengan perpustakaan sumber belajar yang sangat besar.

Saluran Tutorial Video:

Pengetahuan Pemrograman  Saluran ini menyediakan perpustakaan tutorial langsung yang bertujuan untuk membantu pemrogram pemula memperoleh keterampilan pengembangan praktis. Pengetahuan Pemrograman memiliki beberapa kursus tutorial multi-episode, termasuk Java untuk Pemula, Python untuk Pemula, dan kursus C++.

Derek Banas  Derek Banas adalah kreator YouTube yang mungkin paling terkenal dengan daftar putar “Belajar JavaScript dalam 30 Menit”. Dia berspesialisasi dalam membuat tutorial teknis yang singkat namun sangat informatif.

Mike Locke Mike Locke adalah seorang profesional dan instruktur UX/UI yang memberikan tutorial mendalam tentang topik yang berkaitan dengan pengembangan dan desain ujung depan.

Kamp Pelatihan Pengodean

Kamp pelatihan pengkodean telah menikmati ledakan popularitas di kalangan insinyur perangkat lunak yang bercita-cita tinggi  dan untuk alasan yang bagus. Sebuah laporan terbaru yang diterbitkan oleh Career Karma menunjukkan bahwa pasar kamp pelatihan coding tumbuh 4,38 persen dan meluluskan 33.959 siswa pada tahun 2019 saja.


Program intensif berbasis keterampilan ini memungkinkan calon pengembang perangkat lunak memperoleh keterampilan praktis dan dapat dipasarkan yang mereka butuhkan untuk sukses secara profesional hanya dalam waktu tiga atau empat bulan, dan dengan biaya yang lebih murah dari gelar konvensional. Program-program ini biasanya menawarkan opsi kelas penuh waktu, paruh waktu, virtual, dan tatap muka.


Terlebih lagi, pemberi kerja cenderung menghargai profesional kamp pelatihan sebagai karyawan berpotensi tinggi. Dalam sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Indeed , 72 persen pemberi kerja merasa lulusan kamp pelatihan "sama siap dan cenderung berkinerja tinggi seperti kandidat dengan gelar ilmu komputer", sementara 12 persen menganggap lulusan kamp pelatihan lebih siap daripada kandidat tradisional. .


Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan dengan cepat dan dengan biaya yang relatif rendah, Anda mungkin ingin melihat program kamp pelatihan di wilayah Anda. Tertarik dengan seperti apa kurikulum program kamp pelatihan yang sebenarnya? Lihat Kamp Pelatihan Coding Berkeley  di sini.


3. Berlatih Sendiri

Jangan batasi pengetahuan rekayasa perangkat lunak Anda untuk berlatih. Jika Anda benar-benar ingin menjadi pengembang perangkat lunak, cobalah menguji keterampilan yang Anda peroleh di kelas atau melalui studi mandiri dengan memulai proyek independen!


Manfaat memprioritaskan proyek independen ada dua. Pertama, mereka membantu Anda memperkuat keterampilan yang Anda peroleh di kelas dan mengubah pemahaman teoretis Anda tentang konsep-konsep kunci menjadi pengetahuan praktis.


Kedua, proyek dapat memiliki tempat yang berharga dalam portofolio profesional Anda dan membuktikan kepada pemberi kerja bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam peran yang Anda lamar. Membangun portofolio yang kuat sangat penting bagi pembelajar mandiri, yang mungkin tidak memiliki pendidikan formal atau sertifikasi yang biasanya dicari pemberi kerja sebagai bukti pelatihan.


Menggambar kosong di mana untuk memulai? Kami membantu Anda. Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa sumber daya yang dapat membantu Anda memulai.


10 Proyek Pemrograman Hebat untuk Meningkatkan Resume Anda dan Belajar Memprogram  GitConnected

40 Ide Proyek Sampingan untuk Insinyur Perangkat Lunak  Code Mentor

8 Tips Membangun Portofolio Pengembang Web yang Luar Biasa  Toggl

4. Buat Koneksi

Ini adalah kebenaran universal, jika tidak dicintai secara universal: Jaringan itu penting.


Apa pun bidang atau spesialisasi yang Anda geluti, Anda perlu mengetahui cara membangun jaringan. Memang benar, tidak semua orang antusias menempatkan diri mereka di acara bisnis atau berbicara dengan orang asing di sebuah konferensi - tetapi rasa malu itu tidak membuat tugas menjadi kurang penting.


Jaringan sangat penting untuk pertumbuhan karir. Dengan membangun koneksi dengan profesional lain di bidangnya, Anda dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang keahlian Anda dan apa yang dilakukan orang lain untuk memperbaikinya. Anda mendapatkan akses ke kumpulan bakat yang mungkin memberikan koneksi ke pekerjaan Anda berikutnya, menginspirasi proyek Anda berikutnya, atau bahkan mengerjakan proyek Anda saat ini.


Tapi kami mengerti; jaringan dapat mengintimidasi. Berikut adalah beberapa sumber daya yang dapat membantu Anda menempatkan diri Anda di luar sana.


10 Kebiasaan Pengembang Perangkat Lunak yang Sangat Berhasil — Peninggalan Baru

Panduan Pengembang Perangkat Lunak untuk Jaringan — Pemrogram Sederhana

Bagaimana Berjejaring: 17 Tip untuk Orang Pemalu — CIO

5. Mulailah Berburu Pekerjaan dan Bersiaplah untuk Wawancara

Akhirnya, Anda telah melakukannya: Anda telah menyelesaikan pendidikan Anda, memantapkan diri Anda dalam komunitas pengkodean dan siap untuk melamar pekerjaan industri pertama Anda. Anda telah merencanakan jalur terbaik Anda sendiri untuk menjadi pengembang perangkat lunak — dan menjalaninya.


…jadi, sekarang apa?


Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah menyusun paket materi wawancara yang fantastis. Ubah resume Anda dan poles portofolio Anda; pastikan bahwa Anda memiliki beberapa referensi bintang berbaris.


Kemudian, mulailah mencari daftar pekerjaan di platform seperti Memang, Monster dan ZipRecruiter, perhatikan dengan cermat bagaimana persyaratan peran selaras dengan pengalaman dan kemampuan Anda. Jangan takut mencantumkan nama Anda untuk peran yang mungkin Anda lihat sebagai jangkauan! Bahkan jika Anda tidak mendapatkan pekerjaan itu, Anda akan mendapatkan pengalaman wawancara yang berharga dan mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana Anda dapat menarik pemberi kerja sedikit lebih jauh.


Siapa tahu; pengalaman yang Anda peroleh saat mewawancarai pekerjaan jangkauan mungkin yang mendorong Anda ke posisi pertama!


Berikut adalah beberapa sumber daya yang akan membantu Anda mempersiapkan pencarian kerja:


Cara Menulis Resume yang Bagus untuk Insinyur Perangkat Lunak  freecodecamp

Yang Dapat Anda Pelajari Dari 6 Perburuan Pekerjaan Insinyur Perangkat Lunak  TechBeacon

10 Tip Wawancara Kerja Developer untuk Mendapatkan Pekerjaan Terbaik yang Anda Bisa  Programmer Sederhana

Apa yang kamu tunggu?

Sekarang setelah kami memandu Anda tentang cara menjadi pengembang perangkat lunak, terserah Anda untuk mengambil tindakan. Anda memiliki dorongan, kemampuan, dan peluang untuk membangun karier yang bermanfaat dan menantang di bidang yang berpotensi tinggi.


Apakah Anda akan bertindak berdasarkan potensi itu?


Jangan biarkan "mungkin" dan "suatu hari nanti" menahan Anda dari mengejar impian Anda. Lihatlah pilihan pendidikan Anda hari ini untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa menjadi insinyur perangkat lunak dan memulai karir Anda.




0 komentar:

Posting Komentar