Sabtu, 05 Agustus 2023

Cara Pindah Dari Pengembang Web Junior Bagi Pemula #1 Ke Senior

 

Cara Pindah Dari Pengembang Web Junior Ke Senior

Pengembang web Pemula #1 tingkat senior sangat diminati. Para profesional ini dicari karena kemampuan mereka untuk mengelola sendiri, memprioritaskan tugas, dan memberikan panduan kepada developer web junior , dan pemberi kerja biasanya bersaing untuk mendapatkan keterampilan mereka dengan insentif yang menarik.


Jadi, bagaimana Anda beralih dari peran junior ke senior web developer ? Penting untuk merencanakan perjalanan Anda dengan fokus pada pertumbuhan dan pembelajaran. Ingat, ini adalah tonggak karier utama yang akan membutuhkan waktu dan keterampilan untuk dicapai.


Bersikaplah realistis tentang waktu dan upaya yang diperlukan untuk menjadi pengembang web senior . Perjalanannya akan menantang, tetapi hadiahnya akan sangat berharga. Kami telah menyediakan panduan langkah demi langkah di bawah ini untuk membantu Anda melakukan transisi ini. 


  • Roadmap Pengembang Web Junior hingga Senior


1) Tentukan Tujuan Anda

Bayangkan sejauh mana Anda pikir dapat Anda capai, dan kemudian tetapkan tujuan Anda sedikit lebih jauh. Tidak apa-apa jika bukan tujuan Anda untuk menjadi Director of Web Design atau Chief Software Engineer . Itu hanya harus menjadi bagian yang cukup besar dari hidup Anda untuk membenarkan perjalanan ke depan. Jika sasaran itu tidak berarti bagi Anda, maka itu tidak akan berfungsi sebagai motivasi yang berguna—terutama saat Anda menangani pencapaian yang lebih menantang.



  • 2) Bersabarlah dalam Perjalanan Anda

Seperti perjalanan profesional lainnya, menjadi pengembang web tingkat senior adalah proses bertahap. Pada awalnya, Anda akan memulai dari yang kecil, tetapi setiap keterampilan yang Anda kuasai adalah satu langkah lagi menuju tujuan akhir Anda. Secara alami, beberapa langkah akan lebih sulit daripada yang lain. Kadang-kadang, rintangan yang terlibat bahkan tampak tidak dapat diatasi. Tapi jangan takut - selama Anda mengingat tujuan Anda, Anda akan membuat kemajuan.



3) Refleksi Diri

Sama pentingnya dengan melihat ke depan selama perjalanan Anda, sama pentingnya bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk melihat ke belakang saat Anda mulai belajar kode . Sendiri, langkah-langkah tambahan yang Anda buat mungkin tampak tidak signifikan, tetapi secara kumulatif, langkah-langkah tersebut menambahkan sesuatu yang lebih besar. Suatu hari Anda mungkin memecahkan tantangan pengkodean yang menjengkelkan. Selanjutnya, Anda mungkin membuka rahasia konsep desain web yang sulit yang sebelumnya Anda perjuangkan. Dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan lebih jauh dari awal perjalanan Anda daripada dari akhir.


Luangkan waktu untuk mengingat di mana Anda sehari, seminggu, atau sebulan yang lalu. Ingat ketika Anda membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk belajar Python ? Ingat betapa sulitnya menyiapkan database MySQL atau MongoDB pertama Anda ? Seberapa sederhana menurut Anda sekarang? Upaya yang berkelanjutan pasti mengarah pada hasil, tetapi untuk menghargainya, Anda harus melihat ke belakang sesekali.



4) Tantang Diri Anda untuk Mencoba Sesuatu yang Baru

Mengambil tantangan baru pada awalnya bisa membuat Anda kewalahan, tetapi tidak harus begitu. Jika Anda mendekati tugas belajar secara bertahap, pertama mengeksplorasi, kemudian menantang diri sendiri dan menyelam, Anda akan membuat kemajuan lebih cepat dari yang pernah Anda bayangkan. Saat Anda bergerak maju dalam perjalanan Anda, jangan lupa untuk terus menantang diri sendiri dan menetapkan standar yang sedikit lebih tinggi setiap saat.



5) Patokan Keterampilan Anda

Akan tiba saatnya Anda akan membuat kode selama beberapa bulan, atau bahkan mungkin beberapa tahun. Selama waktu itu, luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan seberapa jauh Anda telah melangkah. Lihatlah proyek Anda hingga saat ini dan ucapkan selamat kepada diri Anda sendiri—Anda berhasil! Pikirkan betapa sulitnya Anda menganggap proyek semacam itu ketika Anda pertama kali memulai. Jika semuanya terasa benar, dan Anda sangat ingin mengalami perasaan itu lagi, maka tibalah langkah yang paling penting: berpikir seperti pengembang web senior . 


6) Berpikir Seperti Pengembang Web Senior

Jika Anda ingin menjadi pengembang web senior , Anda harus menguasai konsep dasar. Kembali ke saat Anda mulai belajar kode dan pikirkan semua detail kecil yang pada awalnya tidak masuk akal. Ini adalah waktu untuk menyelami detail itu dan memulai pengejaran Anda.


Menjadi pengembang web senior adalah perjalanan yang indah dan bernuansa, dan sebagian dari kegembiraannya adalah memotivasi orang lain dalam pengejaran mereka. Inilah sebabnya mengapa pengembang web senior terbaik dapat memimpin dengan memberi contoh dan menetapkan standar untuk diikuti orang lain. Dan segera, Anda mungkin melakukan hal yang sama.


Dalam perjalanan panjang, motivasi membuat semua perbedaan. Dengan menetapkan dan mempertahankan tujuan Anda, Anda akan selalu memiliki cadangan motivasi untuk dimanfaatkan, tidak peduli betapa sulitnya perjalanan itu. Dan itu adalah kunci untuk menjadi web developer senior . 


Anda mungkin juga tertarik dengan posting blog kami sebelumnya dengan 5 Tips untuk Menulis Resume Pengembang Web yang Hebat .


  • Belajarlah lagi

Kamp  Pelatihan Pengkodean Online Berkeley  dirancang untuk berbagai individu yang tertarik untuk berkarir dalam pengembangan web. Temukan bagaimana program ini dapat membantu Anda mencapai tujuan menjadi Pengembang Web Senior.



0 komentar:

Posting Komentar